Bioma Tundra: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan - Geograph88

Bioma Tundra: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan

Bioma Tundra: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan
Bioma tundra adalah salah satu bioma yang unik di bumi. Setiap bioma di bumi dapat sangat berkaitan dengan lokasi lintang dan iklimnya.

Ciri umum bioma tundra adalah suhu yang ekstrim dingin, tumbuhan sedikit dan lanskap tutupan es/salju. Ada dua tipe tundra yaitu tundra arktik dan tundra alpine.

Bioma Tundra
Tundra Arktik berlokasi diantara kutub utara dan hutan konifer atau taiga. Ciri tundra arktik adalah suhu ektrim dingin dan permukaan tertutup salju setiap tahun. Tundra arktik terbentuk di pegunungan dengan elevasi tinggi.

Tundra alpine dapat ditemukan di daerah pegunungan tinggi dimanapun bahkan di daerah tropis seperti Puncak Jaya di Indonesia. Meski permukaan tanah tidak beku sepanjang tahun namun umumnya tundra alpine tertutup salju sepanjang tahun.

Iklim Tundra
Tundra Arktik terletak di belahan utara bumi yang ekstrim di sekitar Kutub Utara. Daerah ini punya curah hujan yang rendah dan suhu yang sangat dingin sepanjang tahun.

Tundra Arktik umumnya menerima kurang dari 10 inci curah hujan per tahun (sebagian besar dalam bentuk salju) dengan suhu rata di bawah minus 30 derajat Fahrenheit di musim dingin.

Di musim panas, matahari tetap berada di langit pada siang dan malam hari. Suhu musim panas rata antara 35-55 derajat Fahrenheit.

Daerah tundra Alpine juga merupakan wilayah iklim dingin dengan suhu di bawah titik beku di malam hari. Daerah ini menerima lebih banyak curah hujan sepanjang tahun daripada Tundra Arktik. Curah hujan tahunan rata-rata tundra alpine adalah sekitar 20 inci.

Sebagian besar presipitasi ini adalah dalam bentuk salju. Tundra Alpine juga merupakan daerah yang sangat berangin. Angin kencang bertiup dengan kecepatan melebihi 100 mil per jam.
Tundra Alaska
Lokasi BiomaBeberapa lokasi Tundra Arktik dan Alpine meliputi:
Arktik Tundra
1. Amerika Utara-Utara Alaska, Kanada, Greenland
2. Eropa Utara-Skandinavia
3. Asia Utara-Siberia

Tundra Alpine
1. Amerika Utara-Alaska, Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko
2.  Eropa Utara-Finlandia, Norwegia, Rusia, dan Swedia
3. Asia-Asia Selatan (pegunungan Himalaya), dan Jepang (Gunung Fuji)
4. Afrika-Gunung Kilimanjaro
5. Amerika Selatan-Pegunungan Andes
Karibu Tundra
Vegetasi Tundra
Karena kondisi kering, kualitas tanah yang buruk, suhu yang sangat dingin, dan permafrost, vegetasi di daerah Tundra Arktik sangat terbatas.

Tanaman disini harus beradaptasi dengan suhu dingin, kondisi gelap. Disini matahari tidak naik selama bulan musim dingin.

Tanaman ini mengalami periode singkat pertumbuhan di musim panas ketika suhu cukup hangat dan memungkinkan vegetasi tumbuh. Vegetasi terdiri dari semak pendek dan rumput. Tanah beku mencegah tanaman dengan akar yang dalam, seperti pohon, dapat tumbuh.

Daerah Tropical Alpine Tundra adalah dataran tanpa pohon yang terletak di pegunungan tinggi. Tidak seperti di Tundra Arktik, matahari tetap berada di langit konstan sepanjang tahun.

Hal ini memungkinkan vegetasi tumbuh pada tingkat yang hampir konstan. Vegetasi terdiri dari semak pendek, rumput, dan tanaman perennials. Contoh vegetasi Tundra meliputi: Lumut, Lumut, sedges, forbs tahunan, Rosette, dan semak kerdil.
Flora Tundra
Fauna Tundra
Hewan di Kutub Utara dan Alpine harus beradaptasi dengan kondisi dingin dan keras. Mamalia besar Arktik, seperti Musk sapi dan karibu, sangat terisolasi terhadap dingin dan bermigrasi ke daerah yang lebih hangat di musim dingin.

Mamalia kecil, seperti tupai tanah Arktik, bertahan hidup dengan menggali dan berhibernasi selama musim dingin.

Hewan Tundra Arktik lainnya termasuk burung hantu bersalju, rusa kutub, beruang Polar, rubah putih, Lemmings, kelinci Arktik, wolverines, karibu, burung bermigrasi, nyamuk, dan lalat hitam.

Hewan di Tundra Alpine bermigrasi ke ketinggian yang lebih rendah di musim dingin untuk melarikan diri dari dingin dan menemukan makanan.

Hewan di sini termasuk marmots, kambing gunung, domba Bighorn, rusa besar, beruang grizzly, springtails, kumbang, belalang, dan kupu.
close