Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan - Geograph88

Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan

Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan
Pemanfaatan keanekaragaman hayati bagi manusia harus secara bekelanjutan. 

Yang dimaksud manfaat berkelanjutan adalah manfaat yang tidak hanya untuk generasi sekarang namun juga untuk generasi masa depan. 

1. Sebagai Sumber Pangan, Perumahan dan Kesehatan
Kehidupan manusia tergantung pada keanekaragaman hayati. Hewan dan tumbuhan yang kalian manfaatkan saat ini (misal ayam, kambing, padi, jagung) pada masa lalu merupakan tumbuhan liar yang kemudian dibudidayakan. 

Hewan dan tumbuhan itu dibudidayakan karena memiliki sifat-sifat unggul yang diharapkan manusia sebagai contoh ayam dibudiayakan karena menghasilkan telur dan daging, sapi dibudiayakan karena menghasilkan susu dan daging. Padi dibudidayakan karena menghasilkan beras. 

Beberapa contoh tumbuhan dan hewan yang punya peranan penting untuk memnuhi kebutuhan pangan, perumahan dan kesehatan adalah sebagai berikut:

a. Pangan: berbagai biji-bijian (padi, jagung, kedelai, kacang), berbagai umbi-umbian (ketela, singkong, kentang, talas), berbagai buah-buahan (pisang, durian, mangga, jeruk). Berbagai hewan ternak (ayam, kambing, sapi).
b. Perumahan: kayu jati, sonokeling, meranti, kamper.
c. Kesehatan: kunyit, kencur, jahe, lengkuas, temulawak

2. Sebagai Sumber Pendapatan
Keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Misalnya untuk bahan baku industri, rempah-rempah dan perkebunan. Bahan baku industri misalnya kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik, teh dan kopi untuk industri minuman, gandum dan kedelai untuk industri makanan, ubi kayu untuk menghasilkan alkohol, rempah-rempah seperti lada, vanili, cabai, bumbu dapur, perkebunan misalnya kelapa sawit dan karet.
Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Manusia
Keanekaragaman hayati anugerah Allah
3. Sebagai Sumber Plasma Nutfah
Hewan, tumbuhan dan mikroba yang saat ini belum diketahui tidak perlu dimusnahkan karena mungkin saja di masa depan akan punya peranan penting sebagai contoh tanaman mimba (Azadiratcha indica)

Dahulu tanaman ini hanya merupakan tanaman pagar, namun saat ini diketahui mengandung zat azadirakhtin yang memiliki peranan sebagai anti hama dan bakteri. 

Adapula jenis ganggang yang punya kandungan protein tinggi yang dapat digunakan sebagai sumber makanan masa depan contoh Chlorella. 

Buah pace (mengkudu) yang semula tidak dimanfaatkan sekarang diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mencegah dan mengobati penyakit tekanan darah. 

Di hutan atau lingkungan kita, masih terdapat tumbuhan dan hewan yang dibudidayakan yang mungkin punya sifat-sifat unggul. 

Itulah sebabnya hutan dapat dikatakan sebagai sumber plasma nutfah (sifat-sifat unggul). Siapa tahu sifat-sifat unggul itu dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia. 

4. Manfaat Ekologi
Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme punya peranan dalam ekosistemnya. 

Peranan ini tidak bisa digantikan dengan jenis lain. Sebagai contoh burung hantu dan ular di ekosistem sawah merupakan pemakan tikus. 

Jika kedua pemangsa ini dihilangkan manusia maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan dimana-mana terjadi hama tikus. 

Tumbuh-tumbuhan merupakan penghasil zat organik dan oksigen yang dibutuhkan oleh organisme lain. Selain itu tumbuh-tumbuhan dapat membentuk humus, menyimpan air tanah dan mencegah erosi. Keanekaragaman yang tinggi memperkokoh ekosistem. 

Ekosistem dengan keanekaragaman rendah merupakan ekosistem yang tidak stabil. Ekosistem dengan biodiversitas tinggi merupakan ekosistem stabil. Bagi manusia, keanekaragaman yang tinggi merupakan plasma nutfah untuk dimanfaatkan di kemudian hari. 

5. Manfaat Keilmuan
Keanekargaman hayati merupakan lahan penelitan dan pengembangan ilmu yang berguna bagi manusia. Berbagai biota menjadi sarana untuk dijadikan penelitian oleh manusia dan menambah kamus ilmu pengetahuan. 

Di Indonesia, kita punya LIPI yang banyak melakukan ekspedisi untuk mencari spesies terbaru di bumi Indonesia.

6. Manfaat Keindahan
Keindahan alam tidak terletak pada keseragaman namun pada keanekaragaman. Bayangkan bila halaman rumahmu hanya ditanami satu jenis tanaman saja, apakah akan indah?. 

Tentu akan lebih indah bila akan ditanami oleh berbagai tanaman seperti mawar, melati, palem, rumput, anggrek. Kini kita sadari bahwa begitu banyak keanekaragaman hayati dalam kehidupan manusia. 

Pemanfaatannya yang begitu banyak dan beragam tentu saja dapat mengancam kelestariannya. 

Untuk itu kita harus bijaksana dalam memanfaatkan keanekaragaman hayati dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan aspek kelestariannya. 

Gambar: disini
close