Soal Latihan UTBK 2020 Geografi Energi Baru Terbarukan - Geograph88

Soal Latihan UTBK 2020 Geografi Energi Baru Terbarukan

Soal Latihan UTBK 2020 Geografi Energi Baru Terbarukan
Halo teman-teman geolover sejagat raya, kali ini kita akan lanjut lagi bahas soal latihan UTBK Georgafi khusus materi energi baru dan terbarukan. Pastikan untuk like dan share blognya ke teman-teman lain ya.
Soal UTBK Geografi Ketahanan Energi
1. Perhatikan gambar berikut!
Negara dalam gambar menjadi negara penghasil energi terbarukan terbesar urutan kedua untuk solar power (tenaga surya) dan menempati posisi pertama untuk biomassa di dunia. Negara dimaksud adalah ....
a. Jerman
b. Belanda
c. Italia
d. Perancis
e. Inggris

Kunci
Udah jelas peta diatas itu negara Jerman ya guys. Saat ini, Jerman menjadi menjadi negara penghasil energi terbarukan terbesar urutan kedua untuk solar power (tenaga surya) dan menempati posisi pertama untuk biomassa di dunia, yaitu masing-masing sekitar 38.400 GWh dan 50.000 GWh.

Negara penghasil renewable energy terbesar berikutnya adalah Brasil, sebesar 83,98% total kebutuhan energi negara ini disuplai oleh energi terbarukan, terutama oleh tenaga air.
Selain itu, negara lain yang energi terbarukannya berkembang pesat adalah Denmark. Listrik dari energi angin di Denmark mampu memenuhi 116% dari kebutuhan domestik, artinya ada surplus pasokan listrik.

2. Pengembangan energi geotermal di Indonesia sangat potensial mengingat kondisi kita yang berada di ring of fire. Namun pemanfaatan energi geotermal di Indonesia sering terkendala masalah ekologis, yaitu ....
a. biaya instalasi mahal
b. memerlukan sumber daya manusia handal dan berasal dari luar negeri
c. banyak terdapat gempa bumi
d. lokasi geotermal di pedalaman hutan sehingga perlu merusak hutan
e. lokasi geotermal banyak berasosiasi dengan bahan galian strategis

Kunci
Lokasi geotermal seringkali berada di pedalaman hutan sehingga untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasinya perlu merusak hutan yang ada disekitarnya. Ini menjadi kendala dan sering ditentang oleh masyarakat lokal.

3. Berikut adalah manfaat dan keunggulan dari energi baru dan terbarukan, kecuali ....
a. biaya pembangkitan rendah
b. tidak menghasilkan polusi
c. banyak varietas tanaman
d. biaya pembangkitan konstan
e. mengurangi ketergantungan impor

Kunci
Keuntungan dari pemanfaatan EBT antara lain sebagai berikut.
1. Biaya pembangkitan yang rendah, amat kompetitif dibandingkan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil.
2. Biaya pembangkitan listrik tenaga terbarukan adalah konstan selama masa pakai fasilitas.
3. Sumber energi konstan sepanjang waktu berselang, seperti tenaga angin atau surya.
4. Pembangkit listrik terbarukan tidak menghasilkan polusi dan emisi gas rumah kaca.
5. Energi terbarukan dihasilkan secara domestik, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak bumi.
 
4. Sebagai negara berkembang, Indonesia merumuskan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang membagi wilayah Indonesia atas sejumlah koridor ekonomi. Koridor yang tidak difokuskan menjadi lumbung energi nasional adalah ....
a. Sumatera
b. Bali - NT
c. Kalimantan
d. Papua
e. Kepulauan Maluku
 
Kunci
Pembangunan Koridor Ekonomi Sumatra diarahkan sebagai sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energi nasional. Ini sama halnya dengan pembangunan Koridor Ekonomi Kalimantan yang difokuskan menjadi pusat produksi dan pengolahan hasil tambang dan lumbung energi nasional. Adapun Koridor Ekonomi Papua – Kepulauan Maluku dibangun hingga mewujud pusat pengembangan pangan, perikanan, energi, dan pertambangan nasional.

5. Dalam pembangunan suatu negara atau daerah, energi memiliki peranan yang sangat penting untuk menggerakkan segala aktivitas perekonomian.

SEBAB
Di sisi lain, selain memiliki manfaat yang sangat signifikan pada sendi-sendi kehidupan dan perekonomian, jika tidak dimanfaatkan serta dikelola dengan bijak, energi juga memiliki efek yang kurang baik.

Kunci
Dalam pembangunan suatu negara atau daerah, energi memiliki peranan yang sangat penting untuk menggerakkan segala aktivitas perekonomian. Di sisi lain, selain memiliki manfaat yang sangat signifikan pada sendi-sendi kehidupan dan perekonomian, jika tidak dimanfaatkan serta dikelola dengan bijak, energi juga memiliki efek yang kurang baik.

Salah satu efek tersebut adalah polusi dan berkurangnya sumber energi yang ada di perut bumi jika dipakai terus-menerus. Untuk itu, dibutuhkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang canggih agar bisa menciptakan energi terbarukan sekaligus bersahabat dengan alam.

Jadi, pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
close