Pengertian Konsep Manusia, Ruang dan Waktu Dalam Sejarah - Geograph88

Pengertian Konsep Manusia, Ruang dan Waktu Dalam Sejarah

Pengertian Konsep Manusia, Ruang dan Waktu Dalam Sejarah
Sejarah pada dasarnya mempelajari kejadian manusia di masa lalu. Lalu apakah sejarah hanya berkaitan dengan manusia?.

Ada 3 unsur sejarah yaitu manusia, ruang dan waktu. Ketiga merupakan satu kesatuan tak terpisahkan.

a. Manusia
Manusia dan sejarah itu selalu berkaitan. Tanpa sejarah maka keberadaan manusia di muka bumi patut dipertanyakan asal usulnya. Sementara itu tanpa manusia maka sejarah tidak akan pernah tercipta. Maka dari itu manusia adalah unsur utama sejarah.

Manusia punya kedudukan sebagai objek dan subjek sejarah. Sebagai objek sejarah, manusia merupakan aktor dalam setiap kejadian sejarah. Sebagai subjek sejarah, manusia berperan merekonstruksi sebuah kejadian menjadi sebuah kisah atau cerita.

b. Ruang
Dalam kajian sejarah ada unsur yang tidak bisa lepas yaitu ruang. Peristiwa hanya akan terjadi pada suatu tempat tertentu. Contohnya Peristiwa Rengasdengklok terjadi di Karawang, Proklamasi di Jl Pegangsaan 56, Jakarta dan lainnya. Artinya hanya akan ada satu kejadian pada satu tempat. Peristiwa itu secara otomatis tidak terjadi di tempat lain karena terikat oleh ruang.

c. Waktu
Sejarah merupakan kejadian-kejadian yang dialami manusia pada masa lalu. Kejadian ini merupakan bukti bahwa kehidupan manusia tidak dilepaskan dari unsur waktu. Meski itu tidak semua kejadian yang dialami manusia di masa lalu dapat disebut peristiwa sejarah.

Hal ini karena peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak terulang lagi. Bila peristiwa terjadi berulang-ulang maka bukan berarti peristiwanya kembali terjadi namun pola-pola peristiwa yang memiliki kesamaan dengan peristiwa pada masa lalu.
Rumah Soekarno tempat proklamasi dikumandangkan
close