Pengaruh Peristiwa Rengasdengklok Terhadap Kemerdekaan - Geograph88

Pengaruh Peristiwa Rengasdengklok Terhadap Kemerdekaan

Pengaruh Peristiwa Rengasdengklok Terhadap Kemerdekaan
Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia tak lepas dari rangkaian beberapa peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Salah satunya adalah Peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa Rengasdengklok tejadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Perbedaan pendapat terjadi antara golongan tua dan golongan muda. Soekarno dan golongan tua menolak desakan golongan muda yang ingin sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Moh. Hatta menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia harus dibahas melalui rapat PPKI sesuai perintah Jepang.

Golongan mudah tidak setuju pendapat iru karena menganggap jika kemerdekaan melalui PPKI maka seolah-olah kemerdekaan adalah hadiah dari Jepang dan bukan hasil perjuangan bangsa Indonesia

Golongan mudah kemudian memutuskan membawa Soekarno dan Hatta keluar kota untuk menjaga dari pengaruh Jepang. Pada 16 Agustus 1945, golongan muda membawa mereka ke daerah Rengasdengklok. Selama disana mereka terus didesak oleh golongan muda.

Sementara itu dilain lokasi, Wikana dan Ahmad Soebardjo mengadakan pertemuan di Jakarta mengenai pelaksanaan proklamasi Indonesia.

Akhirnya golongan muda membawa Ahmad Soebarjo ke Rengasdengklok untk menjemput Seokarno dan Hatta. Mereka kemudian memproklamasikan kemerdekaan Indonesia setelah kembali ke Jakarta.

Itulah kilas singkat peristiwa Rengasdengklok yang membuat proklamasi tetap dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945. Jika golongan muda tidak mendesak Soekarno dan Hatta saat itu maka kita tidak tahu kapan proklamasi akan dilakukan. Tertarik untuk mengunjungi Museum Rengasdengklok?
Museum Rengasdengklok
close