Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (11-15) - Geograph88

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (11-15)

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (11-15)
Oke gan langsung aja ya kita bahas lagi soal KSK Geografi 2020 nomor 11-15. Materinya masih tetap di seputar dinamika atmosfer. Jangan lupa like dan share blognya ke teman-teman lain di sekolah. Selamat berjuang dan jangan menyerah.

Baca juga: Prediksi KSN Geografi + Kunci
Pembahasan kunci jawaban KSK Geografi 2020
11. Air merupakan salah satu sumber daya terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam siklus alam, air mengalami beberapa perubahan secara fisika kecuali:
a. evaporasi  
b. kondensasi 
c. penggaraman
d. transpirasi
e. sublimasi

Pembahasan

Ini soal mudah yang penting kamu tahu fase-fase siklus air mulai dari evaporasi, transpirasi, kondensasi dan lainnya. Yang salah tentu penggaraman karena ini tidak masuk fase siklus air alami. Kecuali kamu mau bikin asinan ikan laut boleh pakai garam.

12. Kerusakan lingkungan hidup di muka bumi yang diakibatkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berdampak global adalah:

a. kabut asap akibat knalpot kendaraan
b. material sisa pembakaran batu bara
c. hujan asam akibat buangan industri
d. perusakan lapisan ozon pada lapisan atmosfer
e. meningkatnya radiasi ultraviolet yang menembus atmosfer

Pembahasan

Hujan asam itu biasa terjadi di wilayah yang banyak terdapat kegiatan industri atau transportasi berbahan bakar fosil. Limbah pembakaran dari pabrik akan dibuang ke udara lewat cerobong lalu akan melayang di atmosfer dan bercampur air hujan maka jadilah hujan asam.

13. Salah satu cara untuk memanfaatkan sumber daya air secara berkelanjutan adalah dengan reduce, yaitu dengan cara:

a. Penyulingan air laut
b. Pembuatan irigasi
c. Pemurnian air limbah
d. Penggunaan air sesuai kebutuhan
e. Pengambilan air tanah dalam

Pembahasan

Biasanya kita kenal 3R yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (daur ulang). Contoh reduce dalam sumber daya air adalah menggunakan air sesuai kebutuhan, ini bisa mengurangi terjadinya kekeringan dalam air tanah akibat penggunaan berlebihan.

14. Pengolahan tanah pertanian di daerah dataran tinggi salah satunya adalah dengan cara membuat sawah bertingkat, manfaat dari cara ini adalah:

a. Terlihat lebih indah
b. Agar air dapat mengalir ke setiap lokasi
c. Pembagian sinar matahari yang lebih merata
d. Untuk konservasi tanah
e. Agar mudah dalam panen padi

Pembehasan

Sawah bertingkat atau terasering dibangun agar mengurangi laju erosi permukaan sehingga mencegah kerusakan tanah. Ini artinya terasering berfungsi sebagai konservasi tanah.

15. Pembakaran hutan dan lahan tanaman liar merupakan bencana bagi manusia karena dapat mencemarkan udara dan mengancam kehidupan manusia. Bahaya lain dari pencemaran udara adalah:

a. Terjadinya angin topan
b. Perubahan iklim
c. El NiƱo
d. Musim kering yang panjang
e. Banjir

Pembahasan

Pencemaran udara akan meningkatkan kadar gas efek rumah kaca yang nantinya akan berdampak pada global warming. Global warming ini akan memicu perubahan iklim dalam waktu yang lama. 

Lanjut>>>Soal No 16-20

Mau pembahasan KSK Kebumian juga?. Cek link berikut ini: Pembahasan KSK Kebumian 2020
close