Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (6-10) - Geograph88

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (6-10)

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (6-10)
Halo teman pejuang OSK/KSK se tanah air Indonesia, kali ini mimin lanjutkan lagi pembahasan soal KSK Geografi 2020 nomor 6-10. Materi masih seputar meteorologi dan klimatologi. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya.

Baca juga: Prediksi KSN Geografi + Kunci
Pembahasan KSK Geografi nomor 6-10
6. Panas yang dibutuhkan untuk berubah fasa dari cair ke gas disebut panas laten … dan panas yang dilepaskan ketika berubah wujud dari gas ke cair disebut panas laten …
a. evaporasi, kondensasi  
b. sublimasi, kondensasi 
c. kondensasi, evaporasi
d. pencairan, pembekuan 
e. sublimasi, pengembunan

Kunci

Ini adalah proses siklus air. Cair ke gas adalah proses penguapan atau evaporasi dan gas ke cair adalah kondesasi (perubahan gas menjadi titik air di atmosfer).

7. Parsel udara yang naik ke atmosfer setelah mengalami proses kondensasi akan terhenti geraknya pada saat:

a. Suhu parsel udara lebih besar dibandingkan suhu lingkungannya
b. Suhu udara parsel lebih kecil dibandingkan suhu lingkungannya
c. Suhu parsel udara sama dengan suhu lingkungannya
d. Tekanan parsel udara lebih besar dibandingkan suhu lingkungannya
e. Tekanan parsel udara lebih kecil dibandingkan suhu lingkungannya

Kunci

Jika udara di atmosfer bergerak ke atas maka prosesnya adiabatik yaitu suatu proses dimana tekanan, temperatur dan volume udara dapat berubah-ubah tanpa adanya penambahan atau pengurangan panas ke dalam udara tersebut. 

Udara yang bergerak vertikal akan mengalami perubahan suhu terhadap ketinggian, parsel udara dianggap kering (belum tercapai kondensasi) maka penurunan suhu parsel berlangsung dengan laju penurunan adiabat kering. 


Jika udara bergerak terus ke atas, penurunan suhu parselnya juga berlangsung terus. Dengan turunnya suhu parsel, kelembaban nisbinya akan bertambah, sehingga pada suatu saat uap air di dalam parsel menjadi jenuh maka laju penurunan suhu parsel berlangsung dengan laju penurunan adiabat jenuh hingga akhirnya terjadi kondensasi dan terbentuk awan.


8. Ketinggian dasar awan pada proses genesis awan yang terjadi karena udara dipaksa naik ditunjukkan oleh:
a. Level of Free Convection (LFC)
b. Convective Condensation Level (CCL)
c. Lifting Condensation Level (LCL)
d. Equilibrium Level (EL)
e. Lifted Index (LI)

Kunci

Ini seperti biasa kamu harus tahu kosakata Inggris. Dalam soal diminta proses genesis awan karena udara dipaksa naik. Naik itu (lift atau lifting), kalau dikaitkan awan maka pasti ada kondensasi maka jawabannya pasti lifting condensation level. 

9. Kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah khususnya di Sumatera dan Kalimantan tahun 2019 ini sudah banyak dicoba untuk diatasi. Metode meteorologis yang paling efektif saat ini yang bisa dilakukan menurut Saudara adalah:

a. Water bombing
b. Kanal buatan
c. Manual
d. Hujan buatan
e. Tidak ada jawaban yang benar

Kunci

Dalam soal diminta cara meteorologis artinya yang berkaitan dengan cuaca. Jadi pemerintah harus merekayasa cuaca di di daerah tersebut dengan menabur garam agar nantinya menjadi inti kondesasi sehingga memicu hujan.

10. Polusi udara yang banyak terjadi di kota-kota besar dunia mempengaruhi pada pemanasan global. Beragam cara bisa dilakukan untuk mengerem laju pemanasan global tersebut dengan cara-cara yang sederhana, misalnya:

a. Berpergian kemanapun dengan kendaraan bermotor
b. Menyalakan lampu pada siang hari
c. Tidak bepergian dengan motor/mobil bila tidak penting
d. Menyalakan TV sepanjang waktu
e. Banyak membersihkan badan

Kunci

Sudah jelas cara sederhana mengurangi laju pemanasa global adalah dengan membatasi penggunaan kendaraan bila tidak penting. Kita bisa menggunakan sepeda atau transportasi publik dibandingkan kendaraan pribadi.

Lanjut>>>>Soal No 11-15

Mau pembahasan KSK Kebumian tahun 2020 juga?. Cek link berikut: Pembahasan KSN Kebumian 2020
close