Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Wilayah - Geograph88

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Wilayah

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Wilayah
Coba kamu perhatikan wilayah tempat tinggalmu, apakah sangat ramai oleh penduduk atau sepi?. Jika ramai artinya wilayahmu berpotensi menjadi pusat pertumbuhan.

Wilayah di bumi ini tidak seragam sehingga ada yang cepat tumbuh dan ada yang tidak. Manusia biasanya cenderung membangun sebuah kota di daerah dataran rendah karena faktor efisiensi.

Tidak semua wilayah bisa menjadi pusat pertumbuhan dan menarik wilayah lainnya. Ada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan pusat pertumbuhan.

1. Kondisi geografis dan SDA
Faktor geografis seperti ketinggian, kelembaban, tanah, suhu menjadi salah satu faktor penting yang membentuk kegiatan ekonomi suatu wilayah. Lokasi yang strategis seperti di dekat pantai akan membuat suatu daerah cepat berkembang karena adanya pintu masuk lalu lintas dari pelabuhan.

Selain itu kehadiran bahan galian bisa memicu kota berkembang pesat, contohnya kota Bontang dan Timika di Papua.

2. Tenaga kerja
Pembangunan wilayah terutama infrastruktur membutuhkan tenaga terampil. Tenaga kerja adalah sumber utama pertumbuhan ekonomi. Tanpa ada tenaga kerja yang cukup baik dari segi kuantitas dan kualitas maka pembangunan wilayah akan tersendat.
MRT Jakarta
3. Modal
Modal dalam hal ini bisa berupa modal fisik dan modal sumber daya manusia. Modal fisik berupa faktor produksi seperti bangunan, mesin, alat, komputer dan alat produksi lain. Modal manusia adalah skill, bakat, pengetahuan dan lainnya.

Manusia adalah komponen paling penting pembangunan karena teknologi yang memepermudah kegiatan pembangunan dibuat manusia.

4. Infrastruktur
Infrastruktur mengacu pada investasi fisik yang terwujud dalam saranan prasarana transportasi, komunikasi dan listrik.

Infrastruktur sangat penting bagi ekonomi karena memfasilitasi dan mengintegrasikan kegiatna ekonomi di suatu wilayah dan dalam menghubungkan wilayah tersebut dengan dunia luar.

5. Teknologi
Teknologi dapat berupa hasil aplikasi pengetahuan ilmiah yang menghasilkan produk industri dan komersila yang lebih bernilai bagi masyarkat.

Negara maju lebih banyak berinvestasi pada pengembangan teknologi dan inovasi yang mempermudah hidup manusia. Pertumbuhan wilayah dipengaruhi teknologi-teknologi canggih di era milienium saat ini.

Baca juga: 4 ciri khusus pusat pertumbuhan
close