Garis Besar Pembagian Ilmu Ekonomi - Geograph88

Garis Besar Pembagian Ilmu Ekonomi

Garis Besar Pembagian Ilmu Ekonomi
Semua orang pasti memerlukan ilmu ekonomi agar dapat mengelola keuangan rumah tangga dengan baik.

Manajemen rumah tangga yang baik akan membuat keluarga semakin sejahtera dan tidak jatuh ke dalam jurang kemisikinan.

Saat ini banyak keluarga yang kaya tapi tidak memiliki ilmu ekonomi mumpuni sehingga jatuh miskin.

Berikut ini garis besar pembagian ilmu ekonomi:
1. Ilmu ekonomi moneter
Ilmu ekonomi moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Berbagai aspek yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan hal terkait seperti inflasi, jumlah uang beredar dan tingkat suku bunga dibahas dalam ekonomi moneter.

2. Ilmu ekonomi industri
Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan bahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri. Interaksi tersebut dapat berpa persiangan usaha, kinerja perusahaan, atau kartel. Pembahasan pada cabang ilmu ekonomi ini termasuk dalam lingkup ekonomi mikro.

3. Ilmu ekonomi internasional
Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas seputar kegiatan perekonomian antar bangsa dan antar negara. Kegiatan perekonomian tersebut dapat berupa transaksi perdagangan antar negara, aliran investasi antar negara dan neraca pembayaran.

4. Ilmu ekonomi publik
Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Hal yang dibahas seputar APBN, APBD, utang pemerintah, pajak dan retribusi.

5. Ilmu ekonomi regional
Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas terkait ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.
Ekspor impor bagian dari ekonomi regional
6. Ilmu ekonomi sumber daya alam
Ilmu ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Pokok bahasan pada ilmu ekonomi ini diantaranya adalah eksternalitas positif dan negatif.

7. Ilmu ekonomi sumber daya manusia
Ilmu ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja. Pembahasan pada cabang ini antara lain adalah masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.

8. Ilmu ekonomi syariah
Ilmu ekonomi syariah bertujuan menerapkan ekonomi berlandaskan prinsip Islam. Pokok pembahasan dalam cabang ilmu ekonomi adalah prinsip bagi hasil, penghapusan riba dan zakat.
close