Cara Mutasi Antar Provinsi dan Balik Nama STNK Kendaraan di Samsat Jakarta - Geograph88

Cara Mutasi Antar Provinsi dan Balik Nama STNK Kendaraan di Samsat Jakarta

Cara Mutasi Antar Provinsi dan Balik Nama STNK Kendaraan di Samsat Jakarta
Bagi agan-agan yang saat ini sedang berencana membeli kendaraan bekas alias seken pastinya ingin sekali balik nama kendaraan atau sekalian mutasi sesuai KTP bukan?.

Gimana sih langkah-langkah mutasi dan balik nama BPKB kendaraan itu?. Apakah ribet dan memakan biaya banyak?. Saya akan coba berikan ceritanya sekalian alur prosesnya ya buat kamu semuanya.

Jadi singkat ceritanya itu saya kan beli mobil seken tahun lalu, dan tahun ini mau balik nama dan mutasi dari Jakarta ke Majalengka. Artinya lintas provinsi ya gan, secara KTP saya Majalengka dan saya berencana untuk tidak tinggal lama di Bekasi.
 
Selain itu mobil udah diblokir STNK nya oleh pemilik lama, jadi gak bisa bayar pajak. Daripada ribet kedepannya, mumpung masih WFH jadi ada waktu luang buat ngurus dokumennya. Pajak mobil saya habis bulan Oktober ini jadi sekalian aja mutasi dan balik nama.
 
Saran saya jangan pakai calo ya gan, biar hemat apalagi kalau kamu masih WFH. Kalau pakai calo saya tanya bisa sampai 3 jutaan habis tuh, padahal kalau sendiri gak nyampe jutaan gitu diluar pajak kendaraan ya.
 
Oke langsung aja ya saya ceritakan di bawah langkah-langkah mutasi STNK dan balik nama BPKB kendaraan dari Jakarta ke Jawa Barat. Berikut ini dokumen yang WAJIB anda siapkan sebelum ke samsat jika ingin menghemat biaya.
Tips mutasi STNK dan BPKB

1. pulpen
2. BPKB asli + fotokopi
3. STNK asli + fotokopi
4. KTP anda asli + fotokopi
5. kuitansi bermaterai 10.000 pembelian kendaraan

Nah pastikan semuanya udah siap, kalau punya printer sih kayaknya gampang aja ya!. Setelah dokumen siap maka anda masukan semua dokumen ke map atau tas lalu pergi ke samsat Jakarta. Saya kemarin ke samsat Jakarta Utara di Gunung Sahari.

Langsung aja datang pagi hari, jam 8 pagi sudah sampai sana ya biar masih agak lowong. Sampai gerbang kemudian masuk ke belakang menuju lokasi Cek Fisik kendaraan. Jadi anda jangan parkirkan kendaraan dulu, tapi menuju gedung cek fisik.

Turun dari mobil kemudian ke bagian pendaftaran, untuk cek fisik kendaraan Jakarta Utara ada di kiri, yang Jakarta Pusat ada di kanan. Saya lalu daftar dan bilang ke petugas untuk mutasi dan balik nama. Setelah itu STNK asli diserahkan ke petugas untuk lampiran.

Lanjut aja habis itu gosok no rangka dan mesin ke petugas lapangan, saya ngasih 10.000 rupiah untuk upahnya. Seharusnya sih gratis tapi yang lain juga kaya gitu jadi ngasih aja, gak enak.

Setelah 5 menitan gosok beres lalu diserahkan kembali ke petugas loket pendaftaran untuk dilampirakan dan dicap. 
Berkas mutasi dan balik nama BPKB
Nah setelah semua dokumen fisik lengkap maka tinggal gabungin aja dengan dokumen awal tadi yang 5 poin diatas. Kalau malas nyiapin di rumah maka ya harus singgah dulu di tukang fotokopi buat ngurus semuanya. Terserah agan-agan aja kalau ini mah.

Setelah semua dokumen siap maka lanjut masuk ke gedung utama lantai dua menuju Loket Mutasi. Di loket ini kita serahkan semua dokumen tadi kemudian nanti akan dicek oleh petugas.

Setelah dicek petugas maka akan diminta untuk mengisi lembar permohonan mutasi. Nah disinilah peran pulpen tadi, kalau gak ada nanti repot sendiri. Gak ada pulpen di sana guys, jangan sampai anda MADESU disana gara-gara pulpen.

Setelah form diisi lalu kembali ke loket mutasi bagian Loket Khusus sebelah kiri. Disini akan diberikan form tentang cek fisikan kendaran gitu lalu diminta pergi ke lantai 5 guys, lumayan nih naik tangga. Kalau naik lift lama jadi saya males nungguin nya.

Di lantai 5 kita serahin dokumen tambahan tadi ke bagian cek fisikal untuk validasi. Sekita 10 menitan beres kemudian diminta balik lagi gan ke lantai dua loket mutasi. Disini kita diminta bayar 250.000 untuk permohonan mutasi antara daerah. Kalau motor cuma 150.000 aja.

Nah setelah beres maka akan diberi kwitansi dan diminta menunggu 1-1,5 bulan katanya untuk balik lagi ke samsat ngambil dokumen pengantar nanti ke Majalengka. Wow lumayan lama juga gan, tak kira sehari atau seminggu beres.

Jadi nanti kita nunggu WA dari petugas samsat untuk datang lagi ke sana, ya sabar aja ya gan yang penting udah dilalui prosesnya dan tanpa calo. Tetap semangat dan pokonya yang mau urus dokumen mutasi kendaraan, pastikan dokumen anda itu lengkap ya sesuai yang saya ceritakan diatas kalau mau cepat beres. Salam aspal!.

Yang mau lihat cerita versi videonya, silahkan cek reviewnya di chanel youtube saya di bawah:

close