Soal Latihan UN Materi Dinamika Penduduk - Geograph88

Soal Latihan UN Materi Dinamika Penduduk

Soal Latihan UN Materi Dinamika Penduduk
Kependudukan merupakan salah satu materi yang terdapat pada kajian geografi sosial. Pada jenjang SMA, materi kependudukan disematkan pada kelas XI atau semester 3. 

Cakupan materi kependudukan  meliputi faktor dinamika penduduk, menghitung rumus-rumus kependudukan hingga masalah-masalah yang berkaitan dengan kependudukan di Indonesia khususnya dan bagaimana mengatasinya. 

Fenomena manusia dan dinamikanya merupakan bagian dari studi Antroposfer. Manusia merupakan mahluk yang dominan di permukaan bumi dibanding mahluk lainnya sehingga semua aktifitas manusia dan dampaknya pada ruang bumi dibahas dalam Antroposfer. 

Dalam Ujian Nasional, soal yang muncul beberapa tahun terakhir adalah terkait dengan kaitan dinamika penduduk dengan fenomena lain yang terjadi. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Pada saat libur lebaran berakhir, penduduk kota Jakarta bertambah hingga 5%. Faktor utama yang berpengaruh terhadap dinamika tersebut yaitu....
a. migrasi
b. kelahiran
c. kematian
d. ledakan penduduk
e. imigrasi

Jawaban yang paling rasional tentunya adalah migrasi, karena ketika libur lebaran berakhir para pemudik dari Jakarta sebelumnya sering mengajak kerabatnya di kampung untuk merantau ke Jakarta untuk mencari rezeki. Disinilah siswa diminta untuk lebih meningkatkan daya analisa dan wawasan yang luas. 


Soal-soal hitungan dalam beberapa tahun terakhir jarang sekali muncul, namun tentunya sola terus berubah setiap tahun dan kita tidak bisa memprediksinya dan yang kita butuhkan adalah latihan yang rutin. 

Bagi perlu contoh latihan soal materi dinamika penduduk, silahkan download di bawah. Terima kasih.
Gambar: disini


close