Soal Latihan UN Materi Biosfer dan Penyebarannya - Geograph88

Soal Latihan UN Materi Biosfer dan Penyebarannya

Soal Latihan UN Materi Biosfer dan Penyebarannya
Biosfer adalah suatu tempat atau lapisan dimana mahluk hidup dapat tinggal dan melangsungkan kehidupannya di muka bumi. 

Coba anda bayangkan di lapisan udara manakah mahluk hidup dapat melakukan aktivitas dengan nyaman dan jika di bawah tanah, sampai kedalaman batuan manakah mahluk hidup dapat tumbuh dan hidup?. 

Zona itulah yang dimaksud dengan biosfer yaitu lapisan baik itu dari atmosfer, hidrosfer sampai litosfer yang masih memungkinkan suatu mahluk untuk hidup. 

Dalam pelajaran Geografi di SMA/MA, Biosfer disematkan di semester 3. Tujuan dari mempelajari Biosfer ini adalah agar anak didik mampu memahami fenomena-fenomena yang terjadi pada sistem biosfer bumi kita mulai dari keanekaragaman flora fauna dan lingkungannya. 

Baca juga:
Soal UNBK Dinamika Penduduk + Jawaban
Soal UNBK 2016 dan Pembahasannya

Siswa dituntut untuk mengetahui penyebaran / zonasi flora dan fauna baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan mempelajari fenomena tersebut diharapkan siswa nantinya akan lebih menghayati tentang keagungan ciptaan Tuhan dan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menjaga dan melestarikannya. Contoh Soal Biosfer di UN adalah sebagai berikut:


23. Urutan jenis hutan di wilayah Indonesia dari barat ke timur adalah....
a. hutan musim, hutan hujan, dan sabana
b. sabana, hutan hujan dan hutan musim
c. sabana, hutan musim dan hutan hujan
d. hutan hujan, sabana dan hutan musim
e. hutan hujan, hutan musim dan sabana

Jawaban yang paling tepat tentunya adalah e. Mengapa?, dalam hal ini siswa harus memiliki inteligensi spasial tentang pemahaman peta indonesia dengan kenamapakan yang umum dimiliki tipa pulau. 

Pulau Sumatera tentunya banyak terdapat hutan hujan, kemudian pulau jawa banyak hutan musim dan di Nusa Tenggara banyak terdapat sabana. Jadi ini adalah urutan yang paling logis untuk melihat penyebaran vegetasi menurut soal di atas. 

Jadi saya tekankan lagi agar siswa-siswi harus lebih sering membuka peta dan melihat kenampakan yang dominan ada di tiap pulau di Indonesia. Untuk lebih memahami materi ini silahkan download contoh soal latihannya di bawah ini.

DOWNLOAD SOAL UN MATERI BIOSFER
Gambar:disini

Baca Juga: 
Soal Latihan UN Materi Dinamika Penduduk 
Pembahasan UNBK 2019 Lengkap 1-50
close