Belajar Proyeksi Peta Dengan Kerajinan Tangan - Geograph88

Belajar Proyeksi Peta Dengan Kerajinan Tangan

Belajar Proyeksi Peta Dengan Kerajinan Tangan
Proyeksi peta merupakan teknik pemindahan bidang lengkung permukaan bumi ke bidang datar dengan distorsi seminim mungkin. Pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana memberikan pembelajaran proyeksi peta kepada anak-anak di kelas.
Rekan-rekan guru yang saya hormati, perlu kita sadari bersama bahwa sudah tugas kita untuk mendesain pembelajaran yang baik kepada siswa. Saya sering mengamati bahwa memang ada beberapa guru yang hanya sekedar ngajar saja di kelas, tidak buat RPP, tidak mendesain dengan baik pembelajaran sehingga kualitas belajar ya gitu-gitu aja. Jika kita mau merubah perilaku siswa maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah perilaku kita terlebih dahulu. Buatlah minimal satu kali model pembelajaran yang tidak akan pernah terlupakan oleh siswa. Dengan adanya blog ini, mudah-mudahan bisa menjadi sarana kita untuk saling berbagai pengalaman dan diskusi sesama guru untuk menciptakan kualitas belajar yang maksimal bagi siswa. 
Kembali ke topik tentang proyeksi peta, biasanya mungkin guru menjelaskan materi proyeksi peta dengan model ceramah dan bantuan slide gambar. Tapi kali ini saya akan berikan cara lain yang lebih menarik dan membuat siswa akan berfikir. Saya menemukan salah satu situs luar negeri yang menyediakan aneka jaring-jaring proyeksi peta. Nantinya anda bisa mendownload jaring-jaring tersebut, lalu di print.
Belajar Proyeksi Peta Dengan Kerajinan Tangan
Model Proyeksi Peta
Buatlah kelas ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok akan diberi 2-4 jaring-jaring proyeksi. Jangan lupa siapkan gunting dan lem karena pelajaran kali ini adalah kombinasi antara geografi dan seni rupa. Nanti siswa akan diminta untuk memotong dan membuat peta mereka sendiri, ada yang berbentuk kotak, segi enam, segitiga dan lainnya. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan tersendiri, mengapa kok bumi bisa dibuat dalam bentuk-bentuk yang beraneka ragam.
Setelah itu siswa nanti diarahkan untuk berdiskusi tentang jenis-jenis proyeksi peta dan syarat proyeksi peta yang baik. Hasil dari kreasi siswa bisa dipajang di kelas atau digantung sebagai hiasan. Berikut ini file jenis-jenis peta yang saya gunakan saat pembelajaran proyeksi peta. Bisa langsung di download. Pilih saja model mana yang akan digunakan. 
close