Pembahasan Kunci OSN-P Kebumian 2017 No 1-5 - Geograph88

Pembahasan Kunci OSN-P Kebumian 2017 No 1-5

Pembahasan Kunci OSN-P Kebumian 2017 No 1-5
 Halo kawan-kawan kita bahas soal OSP yuk, kali ini saya akan coba bahas yang tahun 2017 nomor 1-5. Mudah-mudahan bisa digunakan buat bahan belajar kalian para pejuang OSN Kebumian.
 
Silahkan untuk share blog ini ke teman-teman lain ya di grup medsos kalian. Semangat meraih prestasi!.
 
1. Three tectonic plates that responsible for the formation of magmatism belt in Indonesia are ....
a. Eurasia-Indo Australia-Pasifik
b. India-Pasifik-Filipina
c. Eurasia-Indo Australia-Filipina
d. Indo-Australia-Filipina-Pasifik
e. India-Indo Australia-Filipina
 
2.  Dalam deret Bowen pada suhu tinggi mineral pertama yang terbentuk dalam deret dikontinyu adalah olivine. Sementara dalam deret kontinyu terbentuk mineral feldspar plagioklas yang kaya akan kandungan Ca. Mineral-mineral tersebut dapat kita jumpai pada batuan bersifat .....
a. asam
b. basa
c. intermediet
d. ultrabasa
e. vulkanik

3. Mineral-mineral yang bersifat ekonomis tinggi seperti emas, tembaga, perak umumnya dijumpai dekat dengan batuan yang sifatnya seperti berikut, kecuali ...
a. intrusif
b. ekstrusif
c. plutonik
d. hipabisal
e. metamorfik kontak

4. Yang bukan termasuk mineral silikat non feromagnesian adalah ....
a. muscovit
b. kuarsa
c. piroksen
d. feldspar
e. kaolinit
 
5. Salah satu komponen penting pembentuk mineral seperti emas dan tembaga Papua adalah intrusi batuan beku. Intrusi tersebut merupakan batuan beku dalam atau plutonik, bertekstur faneritik, mineralnya berbutir kasar hingga sedang, warna gelap, kandungan plagioklasnya melebihi ortoklas dan tidak mengandung kuarsa seperti gambar di bawah. Batuan tersebut adalah ...
 a. diorit
b. granit
c. andesit
d. gabro
e. riolit
 
Kunci ADBCA
1.  Tiga lempeng tektonik di Indonesia yang bertemu dan membentuk gugusan kepulauan vulkanik Indonesia pastinya adalah Eurasia, Indo-Australia, Pasifik. Bagian pegunungan utara termasuk Sirkum Pasifik dan bagian pegunungan selatan termasuk Sirkum Mediterania. Cek peta nya di bawah ini.
Ring of Fire Indonesia

2.Seri Reaksi Bowen (Bowen Reaction Series) itu suatu alur menggambarkan proses pembentukan mineral pada saat pendinginan magma dimana ketika magma mendingin, magma tersebut mengalami reaksi yang spesifik. Dan dalam hal ini suhu merupakan faktor utama dalam pembentukan mineral. Gambarnya di bawah ini.

Kalau berdasarkan deksripsi pada soal nomor dua maka jawabannya adalah ultrabasa, cek kotak panah kuning di atas.

3. Mineral emas, tembaga, perak bukan termasuk hasil ekstrusif. Ekstrusif adalah proses keluarnya magma dari bawah bumi melalui peristiwa vulkanisme. Contoh hasil ekstrusif adalah batuapung, obsidian, kerikil.

4. Mineral silikat non-ferromagnesian adalah mineral-mineral silikat yang tidak mengandung ion-ion besi dan magnesium. Mineral-mineral silikat non-ferromagnesian dicirikan umumnya mempunyai warna lebih terang dan berat jenis rata-rata 2,7 contohnya muksovit, kaolinit, kuarsa, feldspar.

Piroksen adalah sebuah kelompok mineral inosilikat yang banyak ditemukan pada batuan beku dan batuan metamorf. Rumus kimia piroksen adalah (Si,Al)₂O₆
 
5. Diorit adalah batuan beku intrusi yang terutama terdiri dari mineral silikat plagioklas feldspar (biasanya andesin), biotit, hornblende, dan terkadang piroksen. Komposisi kimia diorit adalah perantara, antara gabro mafik dan granit felsik.
close