Teori Lokasi Pertanian Von Thunen - Geograph88

Teori Lokasi Pertanian Von Thunen

Teori Lokasi Pertanian Von Thunen
Johan Heinrich Von Thunen (1783-1850) adalah adalah ahli ekonomi pertanian asal Jerman yang membuat teori tentang lokasi pertanian pada awal abad ke 19. 

Von Thunen mengembangkan teori ini  berdasarkan pengamatan di daerah tempat tinggalnya. 

Inti dari teori Von Thunen adalah, ia menitikberatkan pada 2 hal utama tentang pola keruangan pertanian yaitu:

1. Jarak lokasi pertanian ke pasar
2. Sifat produk pertanian (keawetan, harga, beban angkut)

Pada zaman itu banyak wilayah pertanian terletak di wilayah yang tidak strategis. Petani yang berada di lokasi jauh dari pusat pasar atau kota, harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menjual hasil panennya. 

Padahal di zaman tersebut alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian masih berupa gerobak yang ditarik oleh sapi, kuda atau keledai. 

Biaya transportasi yang dikerahkan tidak sebanding dengan upah yang di dapat. Hal ini menunjukkan betapa mahalnya kota sebagai pusat pasar. Dari hasil studi inilah Von Thunen mengeluarkan teori lokasi pertanian.


Baca juga:


Inti dari teori Von Thunen adalah bahwa harga sewa  lahan pertanian akan berbeda-beda nilainya tergantung tata guna lahannya. 

Lahan yang berada di dekat pusat pasar atau kota akan lebih mahal di bandingkan lahan yang jauh dari pusat pasar. Karena jarak yang makin jauh dari pusat pasar, akan meningkatkan biaya transportasi.

Pola keruangan pertanian menurut Von Thunen akan berbentuk seperti lingkaran pada gambar di bawah ini.

Teori von thunen tentang lokasi

Gambar tersebut terbagi 2, yang pertama mencirikan "isolated area" yang memperlihatkan daerah yang teratur, sedangkan gambar kedua memerlihatkan adanya moda transportasi sungai. Semua petani akan memaksimalkan produktivitas lahannya mengikuti permintaan pasar. 

Model Teori Lokasi Pertanian Von Thunen membandingkan hubungan antara biaya produksi, harga pasar dan biaya transportasi. Kewajiban petani adalah memaksimalkan keuntungan yang didapat dari harga pasar dikurang biaya transportasi dan biaya produksi. 

Aktivitas yang paling produktif seperti berkebun dan produksi susu sapi, atau aktivitas yang memiliki biaya transportasi tinggi seperti kayu bakar, lokasinya dekat dengan pasar. 

Baca juga:

Gambar: disini

PROMO INTENSIF UN SBMPTN QUIPPER
 Masih bingung menghadapi Ujian, UN dan SBMPTN?. Latihan soal, latihan soal, latihan soal, terus latihan soal!. Quipper Video akan membantu kamu memahami pelajaran dari rumah tanpa harus ribet keluar rumah lagi. Materinya lengkap pokonya. 


Latihan soal dengan Bank Soal SBMPTN Quipper Video!
Setiap soal yang kamu kerjakan ada penjelasannya
Biar kamu paham, lancar, dan terbiasa



Hubungi saya, Sir Agnas, Mitra Resmi Quipper, untuk discount berlanggannya!. Sumber: Youtube Quipper

https://api.whatsapp.com/send?phone=628977703302&text=Halo%20sir%20Saya%20Mau%20kode%20Quipper
close