Ruang Lingkup Geografi - Geograph88

Ruang Lingkup Geografi

Ruang Lingkup Geografi
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari karakteristik wilayah di permukaan bumi beserta interaksinya. 


Rhoad Murphey membatasi bahwa ruang lingkup geografi meliputi 3 kajian berikut.


Baca juga:
Belajar Geografi
1. Distribusi (penyebaran) dan interaksi antara manusia di permukaan bumi dengan dengan aspek-aspek keruangan di permukaan bumi.
Manusia hidup di permukaan bumi dan dalam kegiatannya dipengaruhi oleh berbagai faktor keruangan seperti kondisi fisik wilayah, tanah, cuaca, ketersediaan sumberdaya dan lainnya. 


Perbedaan aspek keruangan di setiap wilayah mengakibatkan terjadinya penyebaran aktivitas manusia seperti ada yang bermukim di dataran rendah, pegunungan, pantai dan lainnya.


2. Hubungan interaksi antara masyarakat dengan lingkungan fisiknya sebagai bagian dari diferensiasi wilayah.
Kegiatan manusia di setiap wilayah akan menghasilkan bentuk wilayah yang berlainan, seperti masyarakat yang hidup di daerah perkotaan akan membentuk struktur masyarakat kota dengan sifatnya sedangkan masyarakat di daerah pedesaan akan membentuk karakteristik masyarakat pedesaan.

3. Kerangka kerja regional dan analisis wilayah secara spesifik.
Ciri khas dari geografi adalah mempelajari suatu wilayah dengan karakteristik yang ada di dalamnya. Dengan mempelajari semua aspek keruangan suatu wilayah maka akan ditemukan keunikan wilayah tersebut yang membedakan dengan wilayah yang lain.
Begitulah sedikit penjelaskan mengenai ruang lingkup geografi, semoga bermanfaat.
Sumber: Nursid Sumaatmadja. Geografi Suatu Pendekatan Keruangan.
Gambar: disini
close