Jadi Guru Blogger Banyak Rezeki Lho.... - Geograph88

Jadi Guru Blogger Banyak Rezeki Lho....

Jadi Guru Blogger Banyak Rezeki Lho....
Derasnya arus teknologi informasi komunikasi saat ini menuntut setiap orang untuk cepat tanggap dan mencari tahu segala sesuatu yang baru. 

Sebagai salah satu profesi bidang akademisi, guru tentunya harus tanggap akan kemajuan teknologi komunikasi ini.

Jika dahulu materi pelajaran hanya tersedia dalam bentuk kertas, modul atau buku maka saat ini media belajar online banyak tersedia di internet. 

Salah satu media sosial yang banyak digemari masyarakat adala blog. Blog hampir sama dengan FB, twitter atau jejaring sosial lainnya yaitu memfasilitasi pengguna untuk menulis. Orang yang sering rutin menulis di blog sering dinamakan blogger.  

Ngeblog (istilah orang yang suka nulis di blog) menjadi sesuatu yang digandrungi banyak orang saat ini. 

Berbagai opini, kritik, cerita banyak dituangkan dalam sebuah blog pribadi. Menyikapi hal tersebut, maka blog dapat membantu guru untuk menuliskan materinya dan sebagai sarana sharing berbagai macam hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Begitupun dengan saya, ngeblog sudah menjadi kebiasaan dan hobi di kala waktu senggang. Awalnya, saya tidak terbiasa menulis di blog dan jika ingin menulis pun bingung apa yang harus saya tulis. 

Passion saya dalam menulis mulai terbentuk ketika saya diterima kerja sebagai guru geografi di salah satu SMA di Kalimantan Selatan. Dengan modal niat ingin mencari pengalaman dan memperbaiki kesejahteraan, saya hijrah dari kota yang sudah 20 tahun saya tinggali yaitu Tasikmalaya menuju Banjarmasin pada awal tahun 2011.

Sekolah tempat saya bertugas adalah sekolah berasrama dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya termasuk wifi. Awal mula saya membuat blog waktu itu karena salah satu rekan saya yang sering menulis catatan hariannya di blog pribadi. 

Waktu itu saya sama sekali tidak mengetahui tentang apa itu blog?bagaimana cara membuatnya?dan lainnya. Dengan rasa penasaran saya bertanya kepada teman saya tersebut cara membuat blog dan ia kemudian mengajari saya cara daftar blog gratis di wordpress. 

Kenapa wordpress?katanya wordpress lebih mudah untuk di kelola dibanding platform lain seperti blogspot. Jadilah saya membuat blog pertama saya dengan akun wordpress bernama http://agnazgeograph.wordpress.com/

Tampilan My first blog
Setelah blog tersebut berhasil dibuat, saya mulai mencoba menari ide untuk postingan-postingan saya. Karena profesi saya sebagai guru, tentunya akan lebih baik jika isinya menyangkut hal-hal seputar pendidikan atau materi belajar. Karena belum terbiasa menulis, pada awalnya saya banyak melakukan copy paste untuk mengisi postingan. 

Etika-etika penulisan di blog pun saya masih belum paham, seperti penulisan sumber kutipan. Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis saya mulai meningkat setelah melihat berbagai blog guru seperi Om Jay, Budi Raharjo dan lainnya. 

Berbagai macam tutorial ngeblog saya cari di web, seperti bagaimana cara memasang widget, template dan lainnya. Isi blog yang pertama ini paling banyak memuat materi geografi dan cerita kegiatan sekolah. 

Di pertengahan tahun 2012 saya menemukan event lomba blog guru yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Balai Teknologi Ilmu Komunikasi dan Pendidikan (BTIKP). 

Akhirnya dengan niat coba-coba saya mendaftarkan diri untuk mengikuti event tersebut. Itulah lomba blog pertama yang saya ikuti sepanjang karir saya sebagai guru. 

Pada saat itu blog saya masih seumur jagung dan isinya masih belum banyak. Ternyata setelah pendaftaraan ditutup dan verifikasi telah dilakukan, blog saya terpilih sebagai salah satu semifinalis dari total puluhan blog yang masuk. 

Saya sangat senang sekali waktu itu karena tidak menyangka bisa masuk semifinal padahal blog saya belum lama dibuat. Setelah itu dewan juri mengundang setiap peserta untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri. 

Pada saat presentasi, awalnya saya merasa minder karena melihat peserta lain yang saya lihat blognya lebih bagus daripada saya. Akan tetapi saya mencoba tenang dan memaparkan isi blog saya secara apa adanya di depan dewan juri. 

Setelah presentasi selesai, esok harinya pengumuman pemenang pun dibacakan dan blog saya mendapat posisi juara harapan 1. Saya sangat terkejut sekali dan masih belum percaya saya bisa memperoleh posisi tersebut. 

Itulah prestasi pertama saya dalam bidang tulis menulis di blog seumur hidup. Hal tersebut semakin menambah motivasi saya untuk terus menulis dan berupaya belajar bagaimana menulis blog yang baik. 

Prestasi pertama ngeblog
Semakin lama, menulis menjadi sebuah hobi bagi saya dan setiap hari saya meluangkan waktu untuk mengisi blog saya yang pertama itu. 

Setelah setahun mengelola blog dengan platform wordpress, saya mencari tahu lagi tentang platform blog yang lain yaitu blogger. Menurut hasil pencarian saya di web, blogspot lebih leluasa dalam pengelolaan kontent karena menggunakan format html. 

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru lagi dengan platform  blogspot dengan nama http://geograph88.blogspot.com/. Saya berusaha mencari artikel-artikel tentang cara mengutak-atik blogspot mulai dari template, widget dan lainnya hingga jadilah blog saya seperti saat ini. 

Blog ini secara garis besar masih berisi tentang materi pelajaran yang saya ampu yaitu geografi yang dikemas secara singkat dalam tiap artikelnya dan berita-berita lainnya. 

Awalnya saya sering gonta-ganti template karena blogspot memiliki fleksibiltas yang lebih untuk merubah template dengan html. Akan tetapi hal tersebut malah merusak ide menulis saya, dan setelah mencari tips template yang bagus untuk blog hingga saat ini saya tidak lagi merubah template. Kedua bog tersebut masih saya kelola dan sudah menghasilkan ratusan postingan. 

Tampilan Blog kedua dengan platform blogspot
Di pertengahan April 2013 salah satu media sosial pendidikan yang berpusat di Bandung yaitu Goesmart bmengadakan sayembara lomba blog. Karena lomba ini diperuntukan untuk guru dan masyarakat umum, saya mencoba mendaftarkan blog http://geograph88.blogspot.com/

Jumlah peserta lomba blog pendidikan ini mencapai ratusan blog dan setiap peserta memiliki blog yang bagus-bagus. Di pertengahan Nopember 2013 akhirnya hasil lomba diumumkan. 

Betapa terkejutnya saya ketika melihat blog saya meraih juara 1. Saya sangat bersyukur sekali karena pengumuman tersebut juga berdekatan dengan hari lahir anak saya yang pertama. 

Saya menganggap itu adalah rezeki keluarga khususnya anak saya. Saya mencoba berkomunikasi dengan panitia penyelenggara lomba tersebut khususnya ingin menanyakan penilaian juri yang membuat blog saya menjadi juara 1. 

Namun panitia tidak mengetahui hal tersebut karena penilaian bersifat tertutup dan milik juri pribadi. Meskipun begitu saya tetap senang karena perjuangan saya membuat tulisan-tulisan kecil dalam blog mulai membuahkan hasil. 

Juara 1 Lomba Blog di Bandung
Berbagai prestasi mengenai blog pribadi sering saya sampaikan kepada siswa di dalam kelas supaya mereka memiliki kegemaran menulis agar nantinya bermanfaat di kemudian hari. 

Hingga saat ini ada beberapa siswa yang sudah memiliki blog pribadi yang isinya beragam mulai dari catatan harian, tips atau tutorial. 

Ngeblog bagi guru merupakan salah satu wujud aktualisasi dalam pelaksanaan E-learning. Mulai dari menulis postingan-postingan kecil di blog itulah juga saya bisa membuat karya tulis yang lebih besar yaitu karya ilmiah dan berhasil mendapatkan juara 3 dalam Lomba Kreativitasi Ilmiah Guru Nasional LIPI 2013. 

Juara 3 LKIG LIPI 2013
Segala sesuatu yang berasal dari sesuatu yang kecil. Jadi jangan meremehkan tulisan-tulisan kecil/pendek yang pernah anda buat, karena suatu saat nanti rangkaian tulisan tersebut akan menjadi sebuah karya besar yang terukir selamanya dalam perjalanan kehidupan.

Itulah sedikit perjalanan saya sebagai guru blogger amatir. Sebagai guru tentunya kita harus senantiasa meningkatkan kompetensi masing-masing. 

Selain sebagai sarana berbagi ilmu, menjadi seorang guru blogger juga dapat mendatangkan rezeki tak terkira lainnya, asal kita tekun dan senantiasa belajar dari kesalahan serta pantang menyerah. 

Semoga tulisan pendek saya ini dapat menginspirasi rekan-rekan guru yang lain agar mulai ngeblog dan menuliskan ide-ide kreatifnya. 

Mengutip kata Andrea Hirata “Berkaryalah, karena sebuah karya akan menemukan takdirnya sendiri”. Teruslah berkarya guru Indonesia. Salam guru blogger. Ditunggu komentarnya.

close