Teori Difusi Keruangan - Geograph88

Teori Difusi Keruangan

Teori Difusi Keruangan
Mempelajari geografi tidak akan lepas dari yang namanya analisa keruangan. 

Oleh sebab itulah pendekatan keruangan merupakan metode khas dan utama pada ilmu geografi. 

Analisa keruangan pada dasarnya mempelajari perbedaan lokasi berkenaan dengan sifat penting dalam suatu ruang. 

Ahli geografi akan mempertanyakan faktor-faktor yang menguasai pola penyebaran suatu fenomena dan bagaimana pola tersebut dapat dirubah atau dimodifikasi agar penyebarannya lebih efisien. 

Salah satu teori yang mendukung terhadap pendekatan keruangan dalam geografi adalah Teori Difusi. 

Dalam geografi, difusi memiliki dua bentuk berbeda yaitu difusi ekspansi (expansion diffusion) dan difusi relokasi (relocation diffusion). Baca juga: Soal UN Pengembangan Wilayah

Difusi ekspansi adalah proses penyebaran informasi, materi atau lain sebagainya dari satu daerah ke daerah lain melalui suatu populasi. 

Pada proses ini informasi dan material akan disebarkan tetap ada dan kadang lebih intensif di tempat asalnya. 

Ini berarti akan terjadi penambahan anggota baru pada populasi antara dua periode waktu dan nantinya akan merubah struktur keruangan populasi secara menyeluruh. 

Contoh dari teori ini adalah anjuran untuk menggunakan internet yang dimulai oleh mereka yang tinggal dekat kota kemudian diikuti warga lain yang jauh dari kota sampai desa. 

Difusi ekspansi dibedakan menjadi dua yaitu difusi menjalar (contagious diffusion) dan difusi kaskade (cascade diffusion)

Baca juga:

Difusi menjalar adalah penjalaran yang terjadi karena kontak langsung antar manusia atau antar wilayah seperti menyebarnya penyakit melalui kontak tubuh manusia. Difusi kaskade adalah penjalaran melalui berbagai tingkatan atau hierarki. 

Proses ini merupakan proses pembaharuan seperti pembaharuan yang dimulai pada tingkat kota kemudian menyebar ke daerah tingkat bawah (kecamatan, desa). 

Contohnya seperti tadi yaitu penggunaan internet pada awalnya banyak di tingkat kota besar kemudian menyebar ke pelosok pedesaan.

Difusi relokasi merupakan proses proses yang sama dengan penyebaran keruangan dimana informasi atau materi yang didifusikan meninggalkan daerah lama dan berpindah ke daerah baru. 

Contohnya adalah transmigrasi dimana terjadi perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang jarang penduduknya. Baca juga: Rumus sex ratio dan dependency ratio

Difusi keruangan
Sumber dan Gambar: disini
Dasar-Dasar Ilmu Geografi. Iwan Hermawan
close