Perbedaan Geopolitik dan Geografi Politik - Geograph88

Perbedaan Geopolitik dan Geografi Politik

Perbedaan Geopolitik dan Geografi Politik
Geografi Politik dan Geopolitik merupakan bagian penting dari perkembangan
ilmu geografi. 

Geografi politik pertama kali diperkenalkan oleh Friederich Ratzel yang kala itu melihat adanya hubungan antara lingkungan alam dengan manusia sebagai penghuninya. 

Dalam bukunya Politische Geographie (1897) Ratzel mengemukakan adanya keterkaitan faktor fisis Geografis dengan ras-ras yang terdapat di setiap negeri. Menurut Ratzel, bentuk pemerintahan suatu negara ditentukan pula oleh alam. 

Dengan demikian dasar geografi politik dari Ratzel adalah fisis determinis. Pemikiran tersebut didukung oleh pemikir-pemikir Jerman yang berpendapat bahwa Geografi Politik perlu dikembangkan untuk diambil manfaatnya bagi kepentingan negara. 

Pemikiran tersebut dilandasi dari kekalahan Jerman pada Perang Dunia ke I.
Richard Hennig seorang profesor di Berlin berpendapat sesungguhnya yang dipelajari di Geografi Politik adalah bentang alam dimana kehidupan negara berlangsung namun ilmu tersebut adalah statis sehingga harus ada ilmu tentang alam yang sifatnya dinamis yaitu geopolitik. 

Menurut pendapatnya geografi mempelajari ruang hidup manusia dengan segala sifat-sifatnya dan kecenderungan untuk pertumbuhanya menuju batas, sedangkan geopolitik adalah penerapan dari hasil kajian geografi politik. 

Pada tahun 1928 Haushofer mengemukakan bahwa geopolitik adalah ilmu ketatanegaraan yang bekerjasama dengan geografi. 

Geopolitik adalah pemikiran geografi suatu negara. Geopolitik bersifat dinamis karena ia mempelajari gejala-gejala politik dalam kegiatan ruang. Menurutnya inti ajaran geopolitik adalah:
  • negara adalah suatu organisme
  • sebagaimana organisme, ia tunduk kepada hukum alam
  • hukum alam ditunjukkan dan diletakkan oleh suatu bentang alam
Dari sejarah singkat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa inti dari ajaran geopolitik adalah negara sebagai suatu organisme dan itu bertentangan dengan asas geografi. 

Geopolitik digunakan untuk memperluas imperium atau kekuasaan suatu negara. Dalam kenyataannya  banyak batas negara yang sama dengan batas alam namun kondisi itu terjadi karena adanya persetujuan diantara negara-negara tersebut bukan ditentukkan alami oleh alam. 

Inti ajaran geopolitik dari segi metode keilmuan adalah ilmu terselubung yang dihasilkan dari pemikir-pemikir yang berpandangan ekspnasionis. 

Geografi politik dan geopolitik termasuk ke dalam kajian geografi manusia dimana interaksi manusia dengan alam membentuk suatu sistem-sistem pemerintahan tertentu pada suatu wilayah. 

Kiranya saat ini geopolitk berguna untuk meningkatkan nilai tawar suatu negara dalam kaitannya dengan kerjasama internasional. 

Sumber dan Gambar:
Dasar-Dasar Geografi. Iwan Hermawan
close