Jenis Hutan Kota - Geograph88

Jenis Hutan Kota

Jenis Hutan Kota
Apakah di wilayah tempat tinggalmu terdapat tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan dan sejuk dipandang?. 


Jika iya maka wilayah tempat tinggalmu layak huni karena memiliki area ruang terbuka hijau/ RTH. 



Ruang terbuka hijau adalah ruang-ruang dalam kota atau wilayah yang lebih luas, baik dalam bentuk area/kawasan maupun dalam bentuk area memanjang/jalur dimana di dalam penggunaannya lebih bersifat terbuka pada dasarnya tanpa bangunan. 



Dalam ruang terbuka hijau pemanfatannya lebih bersifat pengisian hijau tanaman atau tumbuh-tumbuhan secara alamiah ataupun budidaya tanaman seperti lahan pertanian, pertamanan, perkebunan dan sebagainya. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang salah satu jenis RTH yaitu hutan kota. 


Hutan kota adalah ruang terbuka yang ditumbuhi vegetasi berkayu di wilayah perkotaan. Hutan kota merupakan bentuk persekutuan vegetasi pohon yang mampu menciptakan iklim mikro dan lokasinya di wilayah perkotaan atau dekat kota. 


Keberadaan pohon dalam lingkungan hidup manusia akan memberikan suasana kesejukan tersendiri. Pohon akan memberikan nuansa kedamaian di tengah hiruk pikuk kerasnya kehidupan kota.


Hutan kota dapat dibagi menjadi lima kelas menurut letaknya yaitu:
  1. Hutan kota pemukiman, yaitu pembangunan hutan kota yang bertujuan untuk membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan menambah keindahan serta menangkal polusi udara.
  2. Hutan kota industri,berperan sebagai penangkal polutan yang berasal dari limbah yang dihasilkan oleh kegiatan industri seperti asap, limbah cair dan gas.
  3. Hutan kota wisata berperan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rekreasi masyarakat kota dan dilengkapi saran prasarana bermain, tempat istirahat dan lainnya.
  4. Hutan kota konservasi, merupakan hutan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian flora/fauna tertentu di alam.
  5. Hutan kota pusat kegiatan, berperan untuk meningkatkan kenyamanan, keindahan dan produksi oksigen di pusat kegiatan seperti pasar, terminal, perkantoran, pertokoan dan lainnya.
Hutan kota dapat meningkatkan stabilitas ekonomi masyarakat dengan cara menarik minat wisatawan dan peluang-peluang bisnis lainnya, orang-orang akan menikmati kehidupan dan berbelanja dengan waktu yang lebih lama di sepanjang jalur hijau, kantor-kantor dan apartemen di areal yang berpohon akan disewakan serta banyak orang yang akan menginap dengan harga yang lebih tinggi dan jangka waktu yang lama, kegiatan dilakukan pada perkantoran yang mempunyai banyak pepohonan akan memberikan produktifitas yang tinggi kepada para pekerja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pohon akan membawa ketenangan dalam jiwa manusia dan berpengaruh terhadap konsentrasi, pikiran dan kesehatan. 

Jadi keberadaan pohon-pohon di sekitar lingkungan kita amatlah penting untuk menciptakan keharmonisan kehidupan serta meminimalisir tingkat stress. Jadi ayo tanam pohon yang banyak di sekitar kita!
Hutan Tengah Kota
Baca juga: Zona interaksi desa kota Bintarto

Sumber dan gambar:
RTH 30 %. Nirwono Joga dan Iwan Ismaun
Dirjen Pekerjaan Umum

close