Ketik Disini

Loading...
On
Loading...

Loading...

Jika anda pergi ke wilayah gurun pasir, apa yang anda lakukan jika kehabisan
perbekalan air?Apakah mungkin ada sumber air di gurun pasir yang kering?. Terdapat dua jenis sumber air yang terdapat di gurun yaitu Oase dan Wadi. Oase adalah suatu wilayah subur  di tengah gurun yang didalamnya terdapat mata air. Oase dapat dikatakan sebagai taman di tengah gurun, dan didalamnya dapat tumbuh berbagai macam vegetasi, hewan  bahkan pemukiman manusia jika areanya cukup luas. Oase sering digunakan para pedagang yang melintasi rute gurun untuk beristirahat. Oase dapat terbentuk dari adanya sungai di bawah tanah atau akuifer artesis. Hujan dan badai besar dalam waktu singkat yang turun di wilayah gurun merupakan salah satu sumber terciptanya Oase. Munculnya Oase di gurun kemudian dapat mengundang berbagai burung atau mahluk lainnya yang sedang bermigrasi untuk singgah. Hewan-hewan seperti burung kemudian dapat membawa bibit-bibit tanaman dari daerah asal dan menjatuhkannya di daerah Oase tadi sehingga munculnya berbagai macam tumbuhan. 


Wadi
Oase di Gurun Sahara

Lalu apa bedanya dengan Wadi?Wadi adalah sumber air di gurun berupa sungai yang alirannya pendek dan bersifat sementara. Wadi bisa berasal aliran sungai induk seperti Sungai Nil di Gurun Sahara. Selain itu Wadi bisa terbentuk karena hujan deras di tengah gurun sehingga membentuk aliran-aliran air di atas gurun. 

Nah itulah dua jenis sumber air yang dapat ditemukan di wilayah gurun pasir. Itulah sebuah keadilan Sang Pencipta bagi terciptanya keseimbangan kehidupan di bumi ini.
Sumber:
disini
disini
disini