Apa itu Investasi dan Bagaimana Memulai Investasi Yang Aman? - Geograph88

Apa itu Investasi dan Bagaimana Memulai Investasi Yang Aman?

Apa itu Investasi dan Bagaimana Memulai Investasi Yang Aman?
Hidup di abad ke 21 ini memang suatu anugerah yang tak terkira bagi yang sedang melaluinya saat ini. 

Kecanggihan teknologi, komunikasi, dan berbagai hal lain menjadikan manusia saat ini menjadi semakin nyaman hidup di dunia. 

Hidup di era saat ini memerlukan strategi yang jitu agar nantinya tidak kalah oleh perubahan dunia yang cepat. 

Salah satu bagian yang sekarang ini tidak akan pernah terlupakan oleh manusia ketika hidup di dunia adalah INVESTASI, ya itulah salah satu kata yang wajib dipahami oleh masyarakat saat ini. 

Coba tanyakan kepada orang tua kalian yang hidup di era awal kemerdekaan, berapa harga sebidang tanah?Berapa biaya sekolah?Berapa harga satu unit mobil?. 

Pastinya akan jauh berbeda dengan nominal harga pada tahun ini. Berikut ini beberapa bentuk investasi yang bisa anda lakukan selama menghadapi kerasnya hidup di zaman ini


Ayo Investasi Sebelum Terlambat

1. Deposito
Deposito merupakan salah satu produk bank namun penarikannya berjangka bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau lainnya. Lalu apa bedanya deposito dengan tabungan?. 

Perbedaan paling mudah dilihat tentunya dari besarnya bunga. Bunga deposito lebih besar dibanding bunga tabungan biasa sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih besar. 

Produk ini memang memiliki resiko yang sangat kecil dan cocok bagi masyarakat yang tidak mau mengambil resiko invsetasi besar seperti saham, forex atau lainnya. 

2. Reksadana
Reksadana pada dasarnya merupakan bermain saham. Intinya anda menyetorkan sejumlah modal kepada sebuah perusahaan saham tertentu kemudian uang tersebut diputar dan keuntungannya akan dibagi sesuai aturan yang berlaku.

Dibanding deposito maka investasi ini lebih beresiko karena uang kita tidak tahu digulirkan seperti apa dan kita tahu bahwa saham bersifat fluktuatif. Namun ada prinsip semakin besar resiko maka keuntungan semakin tinggi namun sekali rugi maka akan rugi sangat besar. 

3. Beli Properti
Membeli properti atau rumah merupakan salah satu langkah investasi yang cukup menggiurkan karena setiap tahun harga properti semakin melambung tinggi. 

Rumah merupakan kebutuhan manusia yang sangat vital dan tidak akan pernah berkurang nilai harganya. 

Banyak orang yang kaya mendadak karena rumahnya ditaksir sangat mahal. Belilah rumah yang lokasinya strategis karena harga jual rumah sangat ditentukan oleh lokasi.

4. Beli Tanah
Hampir sama dengan properti harga tanah akan terus melambung tinggi seiiring berjalannya waktu. 

Carilah lokasi sebidang tanah yang sekiranya nantinya akan menjadi target pembangunan jalan, perumahan atau lainnya pastinya harganya nanti akan berlipat-lipat dari harga asalnya.

5. Beli Emas
Emas merupakan salah satu logam mulia yang banyak dijadikan sebagai ladang investasi. Membeli emas tergolong mudah dan dapat dijual kapan saja. 

Harga emas mengikuti harga dunia dan anda bisa memantaunya di berita jika akan menjualnya. Namun emas memiliki resiko tinggi seperti dicuri atau hilang. Masyarakat kini banyak yang berinvestasi di jenis emas batangan karena lebih simple.

6. Membangun Usaha/Wiraswasta
Jika anda memiliki jiwa wirausaha, maka salah satu bentuk investasi yang baik adalah dengan membangun usaha. 

Anda dapat memulai usaha skala kecil terlebih dahulu karena membangun usaha dengan modal besar bagi yang belum berpengalaman akan memiliki resiko besar. Membangun usaha juga akan membuat anda semakin kreatif. 

7. Pendidikan
Ada ungkapan bahwa pendidikan merupakan investasi masa depan. Hal ini memang bersifat relatif untuk semua orang namun tidak salahnya untuk menyiapkan investasi pendidikan yang baik untuk anda dan anak anda. 

Pendidikan bukan hanya untuk mencari uang lebih dari itu pendidikan sejatinya adalah untuk membentuk karakter manusia yang tangguh dan dapat mengarungi hidup ini dengan baik dan benar. 

Gambar;
disini
close