Tips Bermain Blog Adsense - Geograph88

Tips Bermain Blog Adsense

Tips Bermain Blog Adsense
Saya sebenarnya tidak begitu jago dalam hal bisnis online terutama Google Adsense (GA) karena bagi saya yang seorang guru, tujuan utama saya mendirikan blog adalah sebagai media share saja dan sebagai latihan saya dalam hal menulis. 

Namun karena secara tidak sengaja blog ini diapprove adsense maka saya haya ingin berbagai mengenai trik bermain adsense. 

Google adsense adalah sebuah program Pay Per Click (PPC) dimana pengiklan berkerjasama dengan blog/web untuk menaruh iklannya, tujuannya agar iklan tersebut menarik perhatian pembaca blog dan mengkliknya. 

Setiap klik yang sah maka pengelola blog akan mendapatkan bayaran recehan dollar tiap kliknya, namun tidak semua blog yang boleh diizinkan ikut adsense oleh google alias ada syarat dan ketentuannya. 

Masalahnya lagi adalah "memang semua pembaca blog akan mengklik iklan yang ada di web kita?". Jika pendapatannya sudah mencapai min 100 dollar maka sudah bisa dicarikan (dalam istilah adsense adalah PO (Pay Out). 

Memang sampai saat ini saya juga belum PO karena tidak begitu serius takut pekerjaan saya sebagai guru terganggu, namun saya akan bagikan triknya berdasarkan analisa saya sendiri dan mohon dikoreksi apabila ada yang salah. 

Saya harapkan yang ingin mencoba bermain bisnis online ini bisa sukses seperti yang blogger lainnya.


1. Rencanakan topik blog sesuai minat/keahlian
Banyak para pemula di dunia blogging bingung ketika memutuskan untuk membuat blog. Ada yang bilang: apa yang harus saya tulis?darimana dapat ide menulis?berapa minimal kata dalam sebuah artikel?. 

Sama seperti saya dahulu, bingung sekali ketika membuat blog bahkan tulisan pertama saya adalah tentang bola kalau tidak salah. Setelah itu baru saya putuskan untuk menshare materi geografi di blog. 

Memang jika ingin sukses di adsense banyak trik kilatnya misal beli artikel atau mencari blog yang istilahnya HPK (High Paying Keyword) seperti topik asuransi, keuangan, bisnis dan lainnya. 

Anda yang memang seorang yang bergelut di bidang tersebut akan lebih mudah tentunya menulis topik-topik yang tadi disebutkan. 

Saran saya adalah janganlah terlalu terpaku alias ikut-ikutan maksa membuat blog yang ber HPK karena dijamin anda akan stress. 

Buatlah blog dengan topik yang paling anda senangi dan anda kuasai, kecuali memang anda ingin mulai dari nol besar maka harus belajar memahami konten topiknya terlebih dahulu.

Satu hal lagi blog dengan bahasa inggris kata orang lebih cepat sukses karena target pengunjungnya yang global dibanding blog berbahasa indonesia.

2. Buat blog di blogger
Adsense bisa diikuti oleh para pemilik blog premium (TLD alias Top Level Domain) atau di blog gratis yaitu blogger (blogspot). 

Jadi kalau memang tidak ingin keluar modal seperti saya, maka jangan buat blog TLD mendingan di blogspot dulu kemudian belajar sedikit demi sedikit mengenai toolsnya. 

Setelah anda mahir baru membuat blog yang pro dan saya pun belum kesampaian karena masih amatiran. Buatlah artikel yang bagus lalu setelah beberapa minggu, daftarkan di adsense (kadang faktor X berperan).

3. Rajinlah kunjungi blog master-master
Para blogger pemula seperti saya, untuk mengembangkan blog maka diperlukan ilmu dan cara paling mudah adalah dengan berselancar ke blog-blog/forum milik para master seperti Juragancipir, Blog Kang Jum, Blog Pak Budi Rahardjo dan lainnya. 

Ketika mengunjungi blog tersebut amati dan pelajarilah setiap tata tulis artikelnya, desainnya, isi dan lainnya karena setiap orang memiliki karakteristik yang beda. Disitulah kamu bisa melihat kekuatan blog masing-masing master. 

Setelah itu kamu bisa mengaplikasikannya pada blog sendiri. Itulah yang dinamakan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi). Bila perlu kunjungi juga blog-blog luar negeri, sekalian belajar bahasa inggris. 

4. Buatlah tulisan yang orisinil dan banyak
Jika anda ingin cepat sukses di blog adsense maka syaratnya lagi adalah buat artikel orisinil dan jumlahnya banyak. 

Saya berani mengatakan bahwa blog yang sukses di adsense pasti sudah memiliki minimal RIBUAN artikel. Buat satu artikel aja susah apalagi ribuan?. 

Itulah seninya bermain program ini, karena sudah rumus umum bahwa blog yang artikelnya banyak dan informasinya bagus dan update maka akan banyak dibuka orang dan itu akan meningkatkan peluang klik. 

Saya sering bertanya pada master blog bahwa mereka bisa membuat minimal 5 sampai 10 postingan atau lebih setiap harinya!. Bagaimana caranya bisa seperti itu?Anda sendiri mungkin punya jawaban dan bisa menerka sendiri caranya. 

5. Belajar utak-atik template 
Sebuah blog sama halnya seperti toko atau rumah maka selain bermain di konten, nilai estetika juga menjadi perhatian. Buatlah blog dengan template yang ringan dan tidak terkesan terlalu rame.

Desain blog yang simple dan enak dilihat pengunjung akan membuat betah pembacanya. Banyak situs-situs penyedia template gratis bagi blogspot atau beli yang premium jika punya modal. 

Bagi pengguna blogger maka sudah saatnya belajar script template yang berupa kode-kode html, css dan lainnya. Awalnya pasti sulit tapi jika sering cari tutorial di google maka akan terbiasa. Saya juga belajar sedikit demi sedikit yang penting ada kemauan.

6. Konsisten
Yang terakhir adalah konsisten dan ini yang paling susah. Kadang blogger pemula seperti saya bisa membuat tulisan banyak sehari namun hari esoknya lesu lagi. 

Memang menulis itu perkara mood, jika mood baik maka tulisan akan mengalir deras namun sebaliknya ketika mood jelek maka ide apapun susah keluar. Inilah yang harus dijaga dalam dunia GA dan menjadi tantangan tersendiri.

Anda harus belajar rutin memelihara kualitas dan kuantitas artikel di blog, jika tidak dipelihara maka trafik tentunya akan turun drastis. Memang menurut saya ini sesuatu yang ekstrim tapi jika ingin sukses di suatu bidang maka harus seperti itu (ekstrim blogger). 

Memang banyak sekali orang yang tegiur mencari dollar lewat Google Adsense namun sepertinya banyak yang mengira juga bahwa bermain adsense itu mudah padahal pada prinsipnya jika ingin sukses dalam hal apapun di dunia dan akhirat maka kuncinya adalah KERJA KERAS. 

GA merupakan bisnis berbasis informasi digital, karena informasi saat ini sangat berharga dapat menjadi sebuah komoditas yang berinilai jual. Ingat bahwa blogger-blogger sukses menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun blognya, jadi anda juga harus seperti itu jika memang serius di adsense. Selamat menulis dan semoga sukses.

Gambar:
close