Kota Terekstrim di Dunia - Geograph88

Kota Terekstrim di Dunia

Kota Terekstrim di Dunia
Jakarta, mendengar kata tersebut tentunya anda pasti langsung berimajinasi tentang kota yang macet, panas, sumpek, dan banjir. 

Tapi tahukah anda bahwa Jakarta masih dalam kategori kota yang "normal" saja dibanding kota-kota yang akan saya bahasa kali ini. 

Kota merupakan suatu perwujudan hasil interaksi manusia dan tentunya setiap kota memiliki perjalanan hidupnya tersendiri. 

Kota-kota berikut ini masuk dalam kategori kota yang kurang ramah untuk ditinggali manusia, namun pada faktanya tetap manusia hidup di sana dan tidak terpengaruh anggapan miring tersebut.

1. Kota Terdingin di Dunia, Yakutsk (Russia)
Yakutsk merupakan sebuah kota di negara Rusia yang memiliki suhu rata-rata tahunan -8,8 derajat C, bayangkan betapa bekunya segala hal di sana. Suhu terdingin yang pernah tercatat bahkan sampai -64 derajat C. 

Kota ini merupakan kota terbesar yang dibangun di atas lapisan tanah es. Pada bulan musim dingin, 269 ribu penduduk kota ini mungkin hanya sedikit menghabiskan waktu di luar rumah. Jika keluar maka harus siap sedia baju ekstra tebal, dan minuman penghangat.

Sudut kota Yakutsk
2. Kota Terpanas di Dunia, Kuwait City (Kuwait)
Kuwait City merupakan kota metropolitan wilayah timur tengah dan entah mengapa warga di sini bisa tahan terhadap panas terik dan badai pasir sepanjang tahun. 

Kota ini memiliki suhu tahunan 34,4 derajat C dan bahkan pernah mencatat rekor suhu terpanas pada angka 53,8 derajat C di tahun 2012.

Suhu panas ekstrim tanpa henti di sini bisa sangat mematikan dan imbasnya pemerintah membuat larangan bekerja di luar gedung pada pukul 11.00 hingga pukul 04.00.

Jalanan di Kuwait City
3. Kota Terkering di Dunia, Aswan (Mesir)
Aswan merupakan salah satu kota di Mesir yang masuk kategori kota terkering di dunia dengan curah hujan di angka kurang 1 mm per tahun. 

Meski curah hujan sedikit namun pasokan air tetap melimpah karena letaknya dekat Sungai Nil dan dibangunnya Bendungan Aswan.

Sungai Nil di Kota Aswan
4. Kota Terbasah di Dunia, Buenaventura (Kolombia)
Buenaventura merupakan sebuah kota pelabuhan dengan curah hujan tahunan diatas 6.000 mm per tahun. 

Kota ini identik dengan kekerasan seperti gengster, narkoba, perampokan dan lainnya. Curah hujan yang tinggi membuat bangunan-bangunan di kota ini mudah sekali mengalami pengkorosian sehingga perlu perawatan ekstra. 

Anak-Anak di Tengah Hujan di Buenaventura
5. Kota Terangin di Dunia, Wellington (Selandia Baru)
Ibukota Selandia Baru ini memiliki kecepatan rata-rata angin 29 km/jam dan itu disebabkan oleh lokasinya yang berada pada wilayah "Sungai Angin" yaitu suatu fenomena meteorologi di daerah di lintang 40-50 bagian selatan. 

Di kota ini, udara panas dari khatulistiwa betemu udara dingin dari kutub selatan. Namun kota ini termasuk kota yang menjadi destinasi wisata dunia karena kenyamanannya.

Sudut Wellington
6. Kota Tertinggi di Dunia, El Alto (Bolivia)
Terletak pada ketinggian 4.150 mdpl membuat El Alto menjadi kota pada titik tertinggi di dunia. Kota ini memiliki jumlah penduduk 1,8 juta jiwa dan jika anda datang ke kota ini maka anda akan melewati jalan dengan pemandangan lereng-lereng curam disekitarnya. Pasokan oksigen juga akan sangat menipis di ketinggian seperti ini membuat anda yang baru pertama kali akan sedikit was-was.

Kota El Alto
7. Kota Terisolasi, Perth (Australia)
Kota ini terletak di ujung barat Australia dan jika anda ingin datang kesini dari Canberra maka anda akan mengarungi jalanan sepi melewati gurun tanpa pohon selama dua hari. 

Meski terlihat terisolasi dari kota lain namun Perth menawarkan berbagai macam kegaitan seni, opera, musik dan lainnya. Perth merupakan salah satu kota dengan indeks huni terbaik di dunia meski secara geografis terisolasi.
 
Pemandangan Kota Perth
8. Kota Tranportasi Terminim, Iquitos (Peru)
Untuk mencapai kota di tengah Amazon ini adalah dengan perahu atau pesawat perintis. Kapal sungai dapat mencapai kota ini dari Atlantik dengan menempuh jarak 3.600 km menyusuri Sungai Amazon.

Kendaraan bermotor terutama mobil sangat jarang masuk kota ini. Kota dengan penghuni mencapai setengah juta jiwa ini memang aneh dan ajaib. Bangunan-bangunan kumuh mungkin anda akan saksikan di kota ini tanpa sanitasi yang baik.

Kota Terapung Iquitos
Sumber dan Gambar:
close