Peran Region Dalam Geografi - Geograph88

Peran Region Dalam Geografi

Peran Region Dalam Geografi
Berada di daerah apa tempat tinggalmu?pantai, bukit, desa, pegunungan atau apa?pertanyaan tersebut tentunya seringkali terdengar di telinga kalian. 

Kalian dapat menjawab pertanyaan tersebut dari sudut pandang apapun karena pada dasarnya jawaban tentang "wilayah" memiliki kategori yang bermacam-macam. 

Dalam studi geografi, wilayah atau region memiliki peranan sentral dalam mengungkapkan berbagai hal berkaitan dengan perkembangan, pertumbuhan dan permasalah kehidupan. 

Penelaahan geografi tanpa memerhatikan kedudukan region sebagai kawasan yang diteliti, tidak akan dapat mengungkapkan karakteristik gejala atau masalah yang menjadi ciri khas di kawasan yang diteliti. 

Dengan mengemukakan region mana yang akan dan sedang diteliti secara geografi, telah dapat terungkap sebagian rahasia yang akan kita telaah. Itulah peranan dasar region dalam studi geografi.

Memerhatikan ukurannya maka definisi region sangatlah bervariasi. Kadang-kadang suatu daratan yang luas seperti benua dapat ditetapkan sebagai suatu region misal Australia, kadang-kadang suatu anak benua (India) tetapi kadang-kadang suatu kawasan yang sempit seluas desa dapat kita tetapkan sebagai suatu region. 

Ukuran tidak mutlak yang penting kawasan tersebut memiliki kriteria pokok unit/kesatuan spasial (spatial unit), kesatuan bentuk (form unit) dan kesatuan fungsi (functional unit). Ciri pokok itulah yang menampilkan suatu kawasan sebagai suatu bentuk region.

Regiobn sebagai ruagn tempat hidup manusia dengan mahluk lainnya memiliki daya dukung tertentu dalam menjamin kehidupan tadi. 

Jika populasi di dalamnya melampaui batas daya dukung maka akan terjadi ketimpangan atau ketidakstabilan lingkungan seperti erosi, kekeringan, banjir, macet dan lainnya. 

Daya dukung tadi dapat dikembangkan dengan menerapkan berbagai penerapan teknologi dan ilmu seperti geografi. Disinilah salah satu penerapan geografi dalam pengabdiannya kepada kehidupan bermasyarakat.

Region dengan daya dukungnya sebagai wadah kehidupan yang tumbuh berkembang juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan. 

Pertumbuhan region tadi sesuai dengan faktor- faktor yang memengaruhinya dan berlangsung melalui tahap-tahap tertentu, anda mungin ingat Teori Tempat Sentral, Teori Lokasi Wber atau Von Thunen.

Tahap-tahap pertumbuhan region dan permasalahannya merupakan bagian dari objek studi geografi. 

Pengkajian geografi terhadap pertumbuhan region ini selain dapat mengungkapkan permasalahan dan faktornya juga dapat dijadikan landasan dalam menyusun alternatif pemecahan masalah seperti masterplan tata guna lahan atau wilayah. 

Dengan demikian geografi sebagai ilmu terapan dapat berfungsi menyelamatkan kehidupandan kelestarian lingkungan.

Pengusaha Properti Membutuhkan Ilmu Geografi Dalam Perencanaan Lokasi

Sumber:
Nursid Sumaatmadja. Geografi Pembangunan.
close