Apa itu Peta Batimetri - Geograph88

Apa itu Peta Batimetri

Apa itu Peta Batimetri
Bagaimana cara mengetahui kenampakan-kenampakan di dasar laut tanpa harus menyelam ke dasar laut?

Caranya adalah dengan menggunakan peta batimetri. Peta batimetri adalah peta yang menggambarkan kedalaman laut dan disajikan dengan menggunakan garis kontur kedalaman.

Garis kontur adalah garis abstrak yang menghubungkan beberapa lokasi atau daerah yang memiliki ketinggian atau kedalaman yang sama. 

Peta batimetri sebenarnya tidak sedetail peta rupa bumi yang menyajkan data ketinggian dan kenampakan permukaan bumi. 

Untuk pengukuran topografi, surveyor membutuhkan sejumlah titk-titik kontrol yang dipakai sebagai titik patokan. Titik kontrol tersebut dikatakan pada stasiun pasang surut untuk mendapatkan referensi ketinggian terhadap muka laut rata-rata.

Pengukuran kedalam lautan pada dasarnya dilakukan dengan menggunakan ecosounding. Prinsip pengukuran dengan ecosounding adalah dengan memancarkan gelombang suara ke arah dasar laut. 

Alat ecosounder akan mencatat waktu pada saat gelombang suara dipancarkan ke dasar laut dan waktu kedatangan pantulan gelombang suara tersebut.

Secara matematis jaraka merupakan hasil perkalian antara kecepatan gelombang dengan waktu. 

Kecepatan gelombang suara sudah diketahui dan waktu perambatan gelombang dapat dihitung dari selisih waktu pemancaran gelombang dengan waktu kedatangan pantulan gelombang. 

Hasil perkalian kecepatan dengan waktu rambat gelombang menunjukkan jarak dalam hal ini kedalaman laut.

Peta batimetri digunakan dalam berbagai sektor seperti pertambangan, perhubungan, militer, penelitian dan lainnya. 

Dengan adanya peta batimetri maka informasi kedalaman laut, gambaran dasar laut dapat diketahui. 

Sensor biasanya akan dipasang pada wahana seperti kapal laut atau kapal selam kemudian setiap wilayah lautan akan dieksplorasi hingga mendapatkan gambar yang akurat.

Bagi nelayan sebenarnya penggunaan ecosounder ini dapat membantu dalam mendeteksi titik berkumpulnya ikan. Namun tentunya nelayan yang menggunakan alat ini harus menjadi nelayan modern dan seorang pembaca peta yang baik.


Sumber: disini
BIG
close