Cara Memilih Genteng Rumah Berkualitas - Geograph88

Cara Memilih Genteng Rumah Berkualitas

Cara Memilih Genteng Rumah Berkualitas
Anda berencana membangun rumah?. Tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika membangun rumah impian, salah satunya adalah dalam hal pemilihan atap alias genteng. 

Sebagai penutup atap bangunan, genteng yang berkualitas baik tentu sangat diperlukan. Hal ini tentunya agar genteng rumah anda dapat bertahan lama melindungi penghuni dari teriknya matahari dan derasnya air hujan. 

Lalu bagaimana sih cara memilih genteng rumah yang baik?. Ada beberapa pertimbangan sebagai penilaian dalam menentukan kualitas genteng diantaranya kondisi fisik genteng, atau tampilan, warna, suara saat diketuk dan kekuatan genteng.

Suara genteng dianggap bagus jika diketuk mengeluarkan bunyi nyaring, artinya genteng itu padat dan pembakarannya sempurna. 

Sebaliknya jika genteng mengeluarkan bunyi kurang nyaring artinya kualitasnya kurang bagus karena pembakarannya tidak sempurna. Cara sederhana menguji kekuatan genteng yang lain adalah dengan menumpuknya. 

Anda cukup tumpuk beberapa genteng lalu lihat genteng yang berada paling bawah. Jika tidak hancur atau retak artinya genteng tersebut kokoh dan dijamin kuat.

Cara selanjutnya yang dapat digunakan adalah meletakan genteng dalam posisi mring kemudian siram berkali-kali dengan air, jika di bagian bawah tidak ada rembesan berarti genteng dalam keadaan baik.

Selanjutnya adalah jika genteng sudah dipesan lebih baik anda mengecek ulang karena biasanya genteng dapat rusak bila proses pengangkutan ke mobil atau truk terlalu kasar atua kurang hati-hati.

Atau mungkin supir selama di perjalanan memacu mobil dengan kurang baik sehingga genteng rusak terkena guncangan. 

Genteng yang baik tentunya dapar memenuhi harapan konsumen terhadap kebutuhannya. 

Apa saja yang menjadi kriteria dari genteng baik dan berkualitas?. Ada dua segi yang harus diperhatikan.

Pertama adalah segi fungsional yaitu tidak bocor, kuat, serta memberikan rasa aman dan nyama. Kedua segi estetika yaitu bentuk genteng presesi sehingga terlihat rapi ketika dipasang dan tahan cuaca, tidak luntur dan tidak pudar. 

Dari segi ketahanan yaitu keawetan dan tahan lama dalam jangka waktu panjang hingga puluhan tahun. 
Saya sendiri beberapa waktu lalu telah membangun rumah kecil untuk keluarga dan saya memtuskan untuk pakai genteng tipe Morando yang tebal dan elegan. 

Memang biaya agak mahal namun hasilnya memuaskan. Rumah tentunya adalah surga keluarga yang tidak salahnya dibangun dengan sebaik mungkin bila ada rezekinya. 

Rumah pertama hasil jerih payah
close