Penyebab Iklan Adsense Muncul Lagi di Blogspot - Geograph88

Penyebab Iklan Adsense Muncul Lagi di Blogspot

Penyebab Iklan Adsense Muncul Lagi di Blogspot
Beberapa hari yang lalu dunia blogger indonesia khusunya pengguna blogspot seperti dihebohkan dengan adanya pengalihan domain dari blogspot.com ke blogspot.co.id. 

Dampak terbesarnya antara lain adalah hilangnya iklan adsense di blog menjadi hilang, putih kosong. 

Beberapa hari saya berkeliaran di dunia maya untuk mencari tahu penyebabnya dan rekan-rekan blogger tentunya resah dan gelisah melihat fenomena ini. 

Pemilik domain TLD tentunya tidak terpengaruh dengan fenomena ini dan saya pun sempat berfikir untuk merubah domain blogspot ke TLD namun setelah menunggu dan mempertimbangkan berbagai hal, saya putuskan untuk belum merubah domain menjadi TLD. Mungkin suatu saat saya akan merubahnya tapi nanti jika sudah siap.

Beberapa hari yang lalu akin adsense saya tidak menghasilkan digit dollar dan setelah menunggu beberapa hari akhirnya domain .co.id berubah kembali menjadi .com dan dampaknya tentu saja iklan adsense kembali tampil di blog saya. 

Entah kenapa hal tersebut terjadi, mungkin saja pihak google mengembalikan sementara ke .co. sembari permasalahan iklan tidak muncul di .co.id bisa terselesaikan atau mungkin google rugi karena redirect domain di Indonesia mengurangi penghasilan google. Tau kan berapa jumlah blogger Indonesia?.

Beginilah nasib pakai domain gratisan tidak leluasa dan banyak dipengaruhi berbagai faktor eksternal dalam mengelola blog.

Memang memiliki domain pribadi dan akun non-hosted lebih baik dibanding domain gratis dan akun hosted. 

Saya yakin suatu saat blog ini akan dicustom menajdi TLD namun tentunya butuh waktu karena beberap faktor seperti:

1. Pertimbangan biaya beli domain.
2. Urusan custom blog baru seperti daftar alexa, submit ulang sitemap ke search engine, dan otak-atik template lagi.
3. Nunggu waktu lagi untuk proses review akun adsense hosted ke non hosted. dan lainnya


Memang butuh perjuangan dan kesabaran lagi jika ingin merubah blogspot ke TLD karena pada dasarnya kita melakukan peremajaan kembali. 

Jika masih setia menggunakan blogspot tentunya anda harus siap-siap juga untuk menghadapi kondisi seperti beberap hari lalu yang berdampak heboh dan tentunya meresahkan dan pastinya penghasilan adsense hilang. 

Gambar:
close