Teori Pembentukkan Bumi - Geograph88

Teori Pembentukkan Bumi

Teori Pembentukkan Bumi
Bumi merupakan planet yang sudah tua dan satu-satunya planet yang memungkinkan bagai mahluk hidup untuk hidup didalamnya. 

Bagaimana bumi ini bisa lahir dan membentuk komponen-komponen kehidupan seperti saat ini?. 

Para ahli sudah banyak mencoba mencari teori-teori yang tepat untuk menjelaskan sejarah kelahiran bumi. Berikut ini beberapa teori tersebut:

1. Teori Sedimen
Pengukuran usia Bumi didasarkan pada perhitungan tebal lapisan sedimen yang ada di lautan. 

Dengan mengetahui ketebalan sedimen rata-rata yang terbentuk setiap tahunnya dengan memperbandignkan tebal batuan sedimen yang ada di bumi sekarang ini maka dapat dihitung umur lapisan tertua dari kerak bumi.

Berdasarkan perhitungan teori ini maka diperkirakan bumi terbentuk sekitar 500 juta tahun lalu.

2. Teori Kadar Garam
Teori ini mencoba menghitung usia bumi berdasarkan perhitungan kadar garam di laut. Diduga bahwa pada mulanya air laut itu adalah tawar dan dengan adanya sirkulasi air di dalam alam ini maka air yang mengalir dari darat ke laut membawa garam-garam melalui pengangkutan. 

Keadaan semacam ini berlangsung terus-menerus sepanjang abad. Dengan mengetahui kenaikan kadar garam setiap tahun yang dibandingkan dengan kadar garam saat ini maka hasil perhitungan diperkirakan bumi telah terbentuk 1000 juta tahun yang lalu.

3. Teori Termal
Metode ini mencoba menghitung usia bumi berdasarkan patokan suhu bumi. Diduga pada awalnya bumi merupakan bola panas yang lambat laun mendingin. 

Dengan mengetahui massa dan suhu bumi saat ini maka ahli fisika Inggris bernama Elfin memprakirakan bahwa perubahan bumi menjadi batuan yang dingin seperti saat ini memerlukan waktu 20.000 juta tahun.

4. Teori Radioaktivitas
Teori ini mengukur usia bumi melalui metode peluruhan unsur-unsur radioaktif. Dalam hitungan ini diperlukan pengetahuan tentang waktu paruh unsur-unsur radioaktif.

Waktu paruh adalah waktu yang dibutuhkan suatu unsur radioaktif untuk luruh atau mengurai sehingga massa tinggal separuh.

Dengan mengetahui perbandingan kadar unsur radioaktif dengan unsur hasil peluruhan dalam suatu batuan maka dapat dihitung umur bantuan tersebut. Berdasarkan teori ini diperkirakan bumi berusia 5 -7 milyar tahun. 
Bumi saat ini

Sumber dan Gambar:
Jasin, Maskoeri. Ilmu Alamiah Dasar.
close