Geografi Islandia Negara Api di Tengah Atlantik - Geograph88

Geografi Islandia Negara Api di Tengah Atlantik

Geografi Islandia Negara Api di Tengah Atlantik
Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata Islandia?. Islandia atau lebih resmi disebut Republik Islandia adalah sebuah negara pulau yang berlokasi di tengah Samudera Atlantik Utara, hanya sedikit saja dari selatan lingkar Arktik. Sebagian besar dari Islandia merupakan wilayah gletser dan padang salju dan sebagian besar penduduk tinggal di wilayah pesisir karena disana merupakan daerah yang paling subur di Islandia.
Wilayah pantai memiliki iklim yang lebih hangat dibanding area yang lainnya. Islandia merupakan daerah vulkanik aktif dan erupsi dari bawah gunung api es di tahun 2010 menyemburkan abu ke atmosfer dan mengganggu langit bumi kala itu.
Populasi     : 306.694 (data 2009)
Ibukota      : Reykjavik
Area          : 103.000 km persegi
Garis pantai  : 4.970 km
Titik Tertinggi : Hvannadalashnukur (2.110 mdpl)


Sejarah Islandia
Islandia pertama kali dihuni manusia pada akhir abad ke 9 dan perancangan konstitusi negara tersebut dimulai setelah itu dan disebut dengan Althingi. Setelah berjalan sekian lama akhirnya pada Islandia memproklamirkan sebagai sebuah negara pada 1262 dalam sebuah piagam perjanjian bersama Norwegia. Ketika Norwegia dan Denmark menjadi negara pada abad ke 14, Islandia masih menjadi bagian dari Denmark.
Pada 1874, Denmark memberi Islandia kebebasan pemerintahan yang terbatas dan pada 1904 setelah revisi konstitusi pada 1903 kebebasan pengelolaan negara diperluas.
Pemerintahan Islandia
Islandia saat ini merupakan sebuah republik konstitusional dengan parlemen tunggal yang disebut Althingi. Islandia memiliki dewan eksekutif dengan kepala negara dan kepala pemerintahan. Dewan yudikatif disebut Haestirettur yang mengawasi pelaksanaan tata kehidupan negara tersebut.
Ekonomi dan Tata Guna Lahan
Islandia memiliki kehidupan sosial-ekonomi yang kuat seperti tipe negara Skandinavia pada umumnya. Prinsip ekonomi mereka perpaduan antara kapitalis dengan konsep pasar bebas dan menganut welfare state juga. Sektor industri Islandia utama adalah perikanan, peleburan alumunium, energi geotermal dan hidropower. Meskipun berlokasi di lintang tinggi, Islandia memiliki iklim hangat karena pengaruh Gulf Stream yang membuat penduduk di wilayah pantai dapat bercocok tanam. Produk agrikultur terbesar negara ini adalah kentang dan sayuran hijau.
Geografi dan Iklim
Islandia memiliki beragam jenis topografi namun lebih banyak didominasi oleh wilayah aktifitas vulkanik. Oleh sebab itu negara ini memiliki morfologi yang tidak rata dengan beberapa titik sumber air panas, sulfur, geyser, ladang lava, jurang dan air terjun. Tercatat ada 200 gunung api di negara ini dan sebagian besar merupakan gunung api aktif. Islandia merupakan pulau vulkanik yang disebabkan oleh adanya hot spot di tengah Atlantik yang memisahkan lempeng Amerika Utara dengan Eurasia. Ini yang menyebabkan Islandia menjadi pulau aktif berdasarkan faktor geologinya. Hot spot Islandia terbentuk jutaan tahun lalu dan hingga sekarang masih berlanjut. Wilayah pedalaman Islandia merupakan plato dengan sedikit tutupan hutan.
Gambar: disini
close