Potensi Fisik Indonesia - Geograph88

Potensi Fisik Indonesia

Potensi Fisik Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di wilayah ekuator nan mempesona. 

Sebagai sebuah negara kepulauan, negara ini memiliki potensi fisik maupun non fisik yang sangat melimpah dan jika didayagunakan dengan maksimal akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan rakyat. 

Pada postingan ini akan dibagikan tentang potensi fisik Indonesia yang melimpah. Berikut ini beberapa potensi fisik Indonesia:


Baca juga:


1. Lokasi dan Bentuk Negara
Menurut aspek lokasi, Indonesia berada  di wilayah ekuator dan diapit oleh dua daratan benua yaitu Asia dan Australia dan dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik. Lalu apa dampaknya bagi Indonesia? 

Kondisi ini membuat Indonesia berada pada posisi strategis dan diuntungkan dalam segala hal khususnya bidang politik dan perdagangan dunia.  

Indonesia juga merupakan negara yang tersusun atas gugusan pulau dari barat ke timur dan utara ke selatan. Panjang garis pantai Indonesia mencapai 99 ribu km dan termasuk yang terpanjang di dunia setelah Kanada. 

Diantara pulau tersebut dipisahkan oleh laut dangkal kecuali Laut Banda yang didalamnya menyimpan keanekaragaman hayati yang melimpah mulai dari ikan kecil, ikan besar hingga terumbu karang.

2. Cuaca dan Iklim
Karena berada di ekuator maka Indonesia termasuk ke dalam iklim tropis dengan curah hujan rata rata tinggi, sinar matahari sepanjang tahun dan kelembaban tinggi. 

Indonesia memiliki 324 pola curah hujan karena beragam faktor seperti ketinggian, jarak dengan laut, angin muson dan lainnya. 

Curah hujan yang relatif tinggi membuat Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dari mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. 

3. Kondisi Geomorfologi
Akibat kombinasi gaya endogen dan eksogen, wilayah Indonesia sangat kaya akan bentuk-bentuk morfologi mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, patahan, lipatan, pantai, rawa dan lainnya. 

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap variasi keanekaragaman hayati dan budaya manusia yang hidup di atasnya. Baca juga: Jenis-jenis gumuk pasir

Indonesia kaya akan potensi fisik
4. Bahan Galian
Karena berada di daerah lempeng aktif, berbagai bahan galian ekonomis banyak terbentuk di dalam perut bumi Indonesia mulai dari emas, minyak, intan, timah, batubara dan lainnya. 

5. Gunung Api
Berada pada sabuk Ring of Fire membuat Indonesia kaya akan gunung api disetiap pulaunya. Gunung api ini menjadi sumber energi dan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Contoh gunung api terkenal di Indonesia yaitu Merapi, Tangkubanperahu, Bromo dan Rinjani.


Baca juga:  


Gambar: disini
close