Profil Negara India - Geograph88

Profil Negara India

Profil Negara India
Akhir-akhir ini banyak acara sinetron India masuk ke Indonesia dan karena itu saya akan coba bahas tentang negara Bollywod ini.

a. Kondisi geografis dan geomorfologis
India merupakan sebuah negara yang berlokasi di Asia bagian selatan dan sering disebut juga sebagai anak benua Asia. 

Daratan India memiliki total luas 3.287.590 km2 dan beribukota di New Delhi. Batas geografis India adalah sebagai berikut
Utara         : Tiongkok, Nepal dan Bhutan
Timur : Teluk Bengal, Bangladesh
Selatan : Sri Langka
Barat         : Pakistan, Laut Arab


Peta India
Secara struktural daratan India dapat dibagi menjadi tiga wilayah yaitu 
· Daerah Pegunungan Himalaya dan Lembah Besar di bagian utara. Wilayah ini didominasi oleh Pegunungan Himalaya, Dataran Tinggi Kashmir dan Lembah Kulu.

Dataran Rendah Gangga terletak di bagian tengah sepanjang 2400 km. Daerah ini dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra. Daerah ini merupakan daerah subur dan menjadi pusat pertanian serta tempat konsentrasi sebagian besar penduduk India. 

· Semenanjung India terletak di wilayah selatan, berupa wilayah perbukitan, dataran tinggi dan Plato Deccan.

b. Kondisi iklim dan vegetasi
India memiliki dua tipe iklim yaitu tropis di bagian selatan dan subtropis di bagian utara. Dengan kondisi tersebut India memiliki tiga macam musim yaitu Musim Panas (Maret sampai Mei), Musim Hujan (Juni sampai September) dan Musim Dingin (Oktober sampai Februari). 

c. Kondisi sumber daya alam
Sumber daya alam terpenting dari India adalah tanah dan air. Di bagian tengah, endapan aluvial Sungai Gangga memberikan dampak pada potensi pertanian yang sangat besar. Sebagian besar produksi padi dan gandum India dihasilkan di wilayah ini. 

sumber daya hutan juga merupakan potensi terbesar dari India yang meliputi 23 persen dari luas daratannya. 

Potensi mineral tambang yang cukup besar di India adalah batu bara, bijih besi, bauksit dan tembaga. Minyak bumi dan gas alam juga terdapat di daerah Assam dan Gujarat. Berlian juga termasuk salah satu komoditas ekspor dari India.
Taj Mahal
d. Kondisi sosial ekonomi
India memiliki jumlah penduduk kedua terbesar di dunia yaitu mencapai 1,2 milyar jiwa. Dengan sumber daya manusia yang besar, India terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. 

Berdasarkan data IMF, pertumbuhan ekonomi India sangat meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir dan kini menduduki rangking ke 11 dalam hal PDB. 

Penduduk India mayoritas beragama Hindu dan masih menganut sistem kasta dalam kehidupan sosialnya. 

Meskipun agama Hindu mendominasi India namun agama lain seperti Islam dan Kristen masih banyak dijumpai bahkan bangunan arsitektur terindah di India yaitu Taj Mahal berasal dari peradaban Islam. 

Sumber pendapatan ekonomi terbesar India adalah sektor industri, pertambangan dan tekstil. Selain itu sektor industri otomotif India juga mendongkrak pendapatan India seperti sepeda motor, skuter dan becak bermesin. 

Sumber: disini disini
close