Ketik Disini

Loading...
On
Loading...

Loading...

Ada banyak patahan di dunia, namun salah satu patahan legendaris di dunia ini adalah San Andreas Fault di California Amerika Serikat. 
Patahan San Andreas, pic: http://geology.com/
Apa itu San Andreas Fault?
Patahan San Andreas adalah batas geser antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara.Garis patahan ini membagi California menjadi dua bagian dari Cape Mendocino ke perbatasan Meksiko. San Diego, Los Angeles dan Big Sur berada di atas Lempeng Pasifik. Sedangkan San Francisco, Sacramento dan Sierra Nevada berada di Lempeng Amerika Utara. Dan meskipun gempa legendaris melanda San Francisco tahun 1906, San Andreas Fault tidak melewati kota. Tapi masyarakat di daerah Desert Hot Springs, San Bernardino, Wrightwood, Palmdale, Gorman, Frazier Park, Daly City, Point Reyes Station dan Bodega Bay terletak tepat batas patahan ini.

Apa Jenis Sesar  San Andreas?
Patahan San Andreas adalah tipe perbatasan lempeng transform atau pergeseran. Bayangkan anda menempatkan dua potong pizza di atas meja dan geser mereka melewati satu sama lain di mana mereka menyentuh sepanjang tepi batas potongan pizza. Bit pepperoni dari satu sisi runtuh di perbatasan ke sisi ikan teri. Hal yang sama terjadi dengan Sesar San Andreas, dan geologi dan bentang alam sepanjang keretakan raksasa ini sangat rumit.

Seberapa Cepat Sesar San Andreas Bergerak?
Lempengan diantara San Andreas perlahan bergerak melewati satu sama lain dengan kecepatan beberapa  per tahun - secepat kuku Anda tumbuh. Tapi ini bukan gerakan yang sering, itu adalah gerakan rata-rata. Selama bertahun-tahun lempengan akan terkunci tanpa gerakan sama sekali karena mereka mendorong terhadap satu sama lain. Tiba-tiba gaya tekan tersebut akan memaksa salah satu lapisan batuan runtuh, dan lempengan tergelincir beberapa kaki sekaligus. Runtuhan batu mengirimkan gelombang ke segala arah, dan itu adalah gelombang yang kita rasakan sebagai gempa bumi.

Apakah Sesar Terlihat di Permukaan?
Di banyak tempat seperti Carrizo Plain (San Luis Obispo County) dan Olema Trough (Marin County), garisa patahan mudah untuk dilihat sebagai rangkaian scarps/tebing dan pegunungan lipatan Di tempat lain, batas patahan lebih halus karena sesar tidak bergerak dalam bertahun-tahun dan ditutupi dengan endapan alluvium, atau ditumbuhi dengan semak. Di San Bernardino dan Los Angeles Counties, banyak jalan di sepanjang patahan memotong melalui pegunungan besar, dengan banyak batuan yang hancur oleh gerakan sesar.
Batas Sesar San Andreas, pic: http://blog.esurance.com/
Ciri dari San Andreas Fault adalah batu yang berbeda di kedua sisi patahan. Selama 28 juta tahun, batu dari jarak yang jauh bertemu dengan batuan dari lokasi yang sangat berbeda. Blok Salinian granit di California tengah dan utara berasal di Southern California, dan beberapa bahkan mengatakan Meksiko utara. Pinnacles Monumen Nasional di Monterey County hanya setengah dari kompleks gunung berapi, bagian lain menjadi 200 mil tenggara di Los Angeles County dan dikenal sebagai Volkanik Neenach.

Mitos Patahan
Ada banyak mitos dan legenda tentang San Andreas Fault, yang terbesar adalah bahwa pada suatu hari akan terjadi retakan dan California akan meluncur ke laut. SALAH! Itu tidak akan terjadi dan tidak bisa terjadi. Hanya di film "2012" hal itu terjadi. Dan tidak ada hal apapun seperti fenomena keanehan pada cuaca saat gempa terjadi.

Patahan Terkenal di Dunia
Patahan San Andreas lebih mudah diakses daripada patahan lain di dunia. Dengan populasi yang besar California dan iklim yang hangat, ada banyak jalan untuk melihat patahan ini. California sangat tenang dan damai, sempurna untuk acara keluarga. Ada lokasi berkemah berlimpah, mengamati burung, bunga-bunga liar dan satwa liar, mengumpulkan batu dan keindahan alam di sepanjang jalan. Yang dibutuhkan adalah peta yang baik, mobil yang nyaman dan keinginan untuk melihat patahan yang paling terkenal di dunia. Baca Juga: Animasi Batas Gerakan Lempeng