Konsep Geografi Pola: Pengertian dan Contohnya - Geograph88
News Update
Loading...

May 12, 2018

Konsep Geografi Pola: Pengertian dan Contohnya

Halo teman-teman sekalian, apa kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa baik-baik saja. 

Oke kali ini kita akan belajar kembali tentang konsep geografi menurut Ikatan Geograf Indonesia yaitu Pola. 

Coba kalau kamu ke sekolah pasti ada jadwal seragam menggunakan batik bukan?. Nah batik sekolah kamu memiliki pola seperti apa sih?. 

Kotak-kotak, garis, geometris atau apa?. Jadi pola adalah suatu susunan keruangan suatu objek atau fenomena di permukaan bumi. 

Bagaimana sih contoh pola-pola yang ada di geosfer itu?. Mari kita lihat contohnya berikut ini. Baca juga: Contoh konsep aglomerasi 

Yang pertama contoh konsep pola yang paling mudah dijumpai adalah pola pemukiman. Pola pemukiman di daerah dataran rendah biasanya mengelompok, di daerah sungai akan memanjang, di daerah pegunungan akan menyebar. 

Itulah contoh pola secara sederhana. Nah di geografi tentu kita tidak hanya bicara pola nya saja bukan?. 

Nanti akan dianalisa juga mengapa pemukiman di pegunungan pola nya menyebar, di sungai memanjang, di lembah menglompok dan lainnya. Ini bisa didiskusikan di kelas bersama teman dan gurumu.
Pola desa memusat
Oke lanjut lagi ke pola lainnya. Contohnya adalah pola aliran sungai. Ada banyak pola aliran sungai diantaranya pola dendritik, rektangular, trellis dan lainnya. 

Contoh pola lainnya adalah pola musim tanam. Kalau kamu seorang petani maka harus tahu pola musim tanam di desa mu seperti apa. 

Kalau di desa saya misal polany adalah pad-kacang-padi. Itu disebabkan jatuhnya musim penghujan dan musim kemarau bisa beda-beda tiap daerah. Bagaimana sudah paham tidak soal pola ini?. 

Jadi pola itu bisa bermacam-macam ya guys. Bisa juga ada pola awan, pola pergerakan angin muson dan lainnya. Selamat belajar. 



Gambar: disini

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Untuk pembahasan KSN via Youtube, silahkan subscribe Chanel Guru Geografi .
Done
close