Dampak Renaisans di Bidang Sosial, Ekonomi dan Politik - Geograph88

Dampak Renaisans di Bidang Sosial, Ekonomi dan Politik

Dampak Renaisans di Bidang Sosial, Ekonomi dan Politik
Renaisans merupakan awal era kejayaan bangsa Eropa setelah sekian lama mengalami kegelapan. 

Renaisans mulai berkembang di Eropa pada abad pertengahan atau abad 15 dan dalam sejarah tercatat bahwa Florence di Italia adalah kota awal mula gerakan ini berawal. 

Lalu apa dampak Renaisans dalam berbagai bidang kehidupan?. 

a. Bidang Sosial Budaya
Semangat renaisans dan humanisme terutama sikap positif terhadap dunia serta penekanannya pada otonomi dan kebebasan individu menjadi pondasi lahirnya sekulerisme di Eropa. 

Sekulerisme adalah paham gerakan yang mendorong dihapuskannya agama dalam sendi publik kehidupan. Sekuler menekankan agar urusan publik dilepaskan sama sekali dari pengaruh agama. 

Urusan agama dianggap sebagai urusan masing-masing individu dan tidak boleh dicampur dengan urusan yang bersifat umum. 

Paham inilah yang merupakan awal mula liberalisme muncul dan menjadi senjata bangsa barat dalam menguasai dunia.
Dampak Renaisans di Bidang Sosial, Ekonomi dan Politik
Arsitektur zaman renaisans
b. Ekonomi Politik
Gerakan renaisans perlahan-lahan melenyapkan peran agama dalam kehidupan publik. Sebagain gantinya, masyarakat renaisans memperkuat fungsi dan peran negara. 

Negara diyakini menjadi sarana yang tepat untuk mewujudkan kesejahteraan. Sebelumnya negara berada dalam pengaruh Gereja yang sangat protektif.

Raja-raja bekerjasama dengan para pelaku usaha swasta dan pedagang untuk mengembangkan ekonomi negara. 

Raja melindungi para pedagang dalam semua aktivitas ekonominya sementara para pedagang menyumbang kemajuan negara dalam bentuk pajak.

Dalam perkembangannya, tumbuh kesadaran bahwa kesejahteraan negara ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang dimiliki serta besarnya volume perdagangan global negara. Pandangan ini disebut merkantilisme.

Inilah yang membuat masyarakat Eropa berlombang menghasilkan produk dagang yang bisa dijual dan diekspansi ke negara lain untuk meraih keuntungan hingga saat ini. 

Gambar: disini
close