Cara Mudah Atasi Tombol Brightness Tidak Muncul di Windows 10 - Geograph88

Cara Mudah Atasi Tombol Brightness Tidak Muncul di Windows 10

Cara Mudah Atasi Tombol Brightness Tidak Muncul di Windows 10
Halo gan, kali ini singkat saja saya akan bagikan pengalaman mengatasi brightness yang hilang di pengaturan display brightness di windows 10. Jadi ceritanya saya habis instal ulang OS di laptop ASUS dan setelah instalasi selesai ternyata pengaturan brightness tidak ada. Saya cek driver di sistem sudah terinstal karena otomatis. Singkat cerita saya searching di blog cara-caranya dan tidak berhasil. Sampai beberapa hari laptop masih cerah dan saya sebenarnya sudah pusing lihat monitor yang cerah banget. Sempat saya mau ke tukang servis namun karena masih penasaran saya coba googling dan menemukan triknya.
Cara Mudah Atasi Brightness Tidak Muncul di Windows 10
Tanda VGA Adapter terinstal di Windows 10

Sampai satu waktu di sore hari ternyata saya coba cek web ASUS dan menemukan driver VGA sesuai seri laptopnya. Setelah instal ternyata mode pengaturan brightness sudah muncul lagi deh, simple banget. Jadi teman-teman yang punya laptop merek ASUS coba ikuti langkah berikut untuk menampilkan pengaturan brightness yang hilang setelah instal ulang Windows 10.

1. Kunjungi website resmi ASUS disini lalu isi model laptop kamu dan OS nya. Model laptop ada di bawah laptop kamu biasanya.
Cara Mudah Atasi Brightness Tidak Muncul di Windows 10
Cek driver di vendor laptop masing-masing
 2. Nah setelah itu otomatis akan muncul driver-driver yang dibutuhkan, cari VGA atau display adapter lalu klik download.
Cara Mudah Atasi Brightness Tidak Muncul di Windows 10
Download VGA Adapter Windows 10
3. Setelah download, ekstrak dan instal saja beberapa menit. Kalau sebelumnya sudah update driver nanti timpa saja dengan driver yang lama karena bisa jadi driver baru gak cocok di laptop kamu jadi driver gak jalan maksimal.
4. Jrenggggggggggg,,mode brightness sudah muncul kembali dan kamu gak usah ke tukang servis.
Itulah cara sederhana jika tombol brightness dak berfungsi di laptop, jadi permasalahannya ada di driver laptop masing-masing. So jangan panik dulu dan langsung buru-buru servis ke toko ya, coba atasi dulu sendiri di rumah. Salam ngoprek.
close