Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif - Geograph88

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif
Tumbuhan berkembangbiak sama halnya dengan mahluk hidup lain. Lalu dengan cara apa sih tumbuhan itu berkembangbiak?.

Ada perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dan buatan. Kali ini kita akan bahas perkembangbiakan vegetatif dahulu.

Perkembangbiakan secara vegetatif umumnya terjadi pada tumbuhan yang sulit menghasilkan biji. Ada dua cara perkembangbiakan secara vegetatif yaitu alami dan buatan.

a. Vegetatif Alami
Perkembangbiakan vegetatif alami artinya tidak ada campur tangan manusia di dalamnya seperti tunas, akar tinggal, geragih, umbi dan spora. Berikut ulasan singkatnya.
1. Tunas
Tunas adalah calon tumbuhan baru yang tumbuh pada bagian akar, batang atau daun. Kamu tentu pernah melihat tunas-tunas tumbuhan kan?.

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah pisang, cemara, sukun, bambu, tebu dan cocor bebek. Pada cocor bebek tunas tumbuh di bagian daun dan dinamakan tunas adventif.

2. Akar Tinggal 
Akar tinggal disebut juga rimpang atau rhizoma. Perkembangbiakan dengan akar tinggal ini mirip dengan tunas.

Tunas pada akar tinggal merupakan batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Ciri akar tinggal adalah bentuknya mirip akar, tapi berbuku-buku seperti batang. Contoh akar tinggal adalah kunyit, lengkuas, jahe dan temulawak.
Umbi lapis
3. Geragih
Geragih atau stolon adalah batang yang beruas-ruas yang tumbuh menjalar diatas atau bawah permukaan. Geragih diatas permukaan tanah contohnya arbei dan semanggi semntara geragih di bawah permukaan tanah contohnya rumput teki.

4. Umbi Akar
Umbi akar adalah akar tumbuhan yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar contohnya wortel dan dahlia.

5. Umbi Batang
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan sehingga membentuk umbi. Contoh tumbuhannya adalah kentang dan ubi jalar.

6. Umbi Lapis
Umbi lapis adalah umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Tumbuhan umbi lapis diantaranya bawang putih.

Baca juga: Rangkuman materi kelas 11 sel
close