Pengertian Wilayah Pusat dan Pinggiran Perspektif Geografi - Geograph88

Pengertian Wilayah Pusat dan Pinggiran Perspektif Geografi

Pengertian Wilayah Pusat dan Pinggiran Perspektif Geografi
Jika kamu sering jalan-jalan maka pasti akan menemukan perbedaan antara kota dengan pinggiran kota.

Pusat (core) merujuk pada daerah berkembang (perkotaan) atau negara maju sedangkan pinggiran (periphery) merujuk pada daerah dengan perkembangan yang lebih kecil (daerah rural) atau negara berkembang.

Contoh: Di Jazirah Malaysia, Kuala Lumpur merujuk pada pusat (core) dan Batu Gajah (nama desa) adalah pinggiran (periphery).

Di Asia, Jepang merujuk pada pusat (core), sedangkan Kamboja adalah pinggiran (periphery).

Hubungan antara pusat dengan pinggiran (core-periphery relationship) menjelaskan kemandirian dari pusat negara pada negara pinggiran dan sebaliknya.

Contoh negara industri atau negara maju (core) membeli bahan mentah seperti mineral (besi dan minyak) dan produk pertanian seperti karet, minyak sawit, tembakau dan kopi pada negara sedang berkembang (periphery) untuk memproduksi beberapa macam produk.

Produk ini kemudian akan dijual pada negara berkembang untuk untung yang lebih baik.

Pusat-pusat ekonomi dunia
Pengangguran pada negara berkembang bermigrasi ke negara maju untuk mendapatkan pekerjaan karena keterbatasan pekerja pada negara industri besar seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Akhir-akhir ini beberapa negara maju– Amerika Serikat, Jerman, Perancis dan Jepang telah sepakat pada investasi langsung dengan negara berkembang seperti Cina, India, Brazil dan Indonesia. Tujuan utama pada investasi ini adalah untuk mempertahankan pasar ekspor mereka.

Pusat dan pinggiran di Indonesia akan sangat kontras sekali baik dari sisi fisik maupun sosial. Terlihat jelas ada ketimpangan yang membuat distribusi kesejahteraan belum mencerminakn sila kelima Pancasila.

Pembangunan pusat adalah sebuah kepentingan yang memang harus dijalankan namun kondisi pinggiran juga wajib diperhatikan agar tidak terjadi over urbanisasi seperti saat ini.
close