Penyebab Cuaca Panas Sebelum Hujan Petir - Geograph88

Penyebab Cuaca Panas Sebelum Hujan Petir

Penyebab Cuaca Panas Sebelum Hujan Petir
Teman-teman sering gak sih merasakan suhu udara yang panas sekali sebelum hujan deras?. Pastinya kalaupun gak sering, pernah kan?.

Nah apa sih yang menyebabkan suhu udara sangat panas sekali sebelum hujan tiba?. Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho teman-teman, yuk simak penjelasan singkatnya berikut.

Hujan adalah jatuhnya butiran air dari atmosfer ke permukaan bumi. Sebelum hujan terjadi diawali dulu oleh proses penguapan/evaporasi kemudian terjadi kondensasi atua pembetukkan awan.

Awan inilah yang nantinya menjadi sumber hujan kemudian.

Tahu gak bahwa di lapisan atmosfer paling bawah alias troposfer berlaku hukum bahwa setiap ketinggian naik 100 m maka suhu turun sekitar 0.6 derajat Celcius. Inilah mengapa saat kamu naik gunung suhu jadi turun alias dingin kan?.
Awan hujan gelap di atas permukaan bumi
Pemanasan perairan di permukaan bumi oleh radiasi matahari membuat air naik ke atas atmosfer lalu bertemu udara dingin diatas. Saat udara panas ketemu udara dingin maka terbentuklah awan yang lebih tebal. Makin lama udara yang bercampur ini semakin banyak.

Saat cuaca mendung di langit, disitulah terjadi proses perubahan uap air menjadi titik air. Di waktu inilah awan akan melepaskan panas ke udara sekitarnya.

Awan mendung penyebab hujan ini lokasinya gak jauh dari permukaan bumi, oleh sebab itu lah kita yang diatas bumi akan merasakan suhu yang panas, pengap. Itulah penyebab suhu udara panas sebelum hujan tiba.

Gimana udah tahu kan sekarang?. Jadi kamu biasa memprediksi tuh nanti di saat musim penghjan kalau cuaca tiba-tiba aneh panas, pengap baik di siang atau malam hari maka itulah pertanda akan terjadi hujan deras.
close