Sebab Banyak Gunung Api di Indonesia - Geograph88

Sebab Banyak Gunung Api di Indonesia

Sebab Banyak Gunung Api di Indonesia
Negara kita Indonesia merupakan negara yang sangat rawan akan erupsi gunung api.

Kenapa sih Indonesia itu banyak sekali gunung apinya, jadi takut nih?. Gak usah takut ya karena gunung api itu anugerah Tuhan untuk Indonesia. Yuk kita lihat dulu pembahasan singkatnya berikut.

Indonesia memiliki kurang lebih 127 gunung api aktif yang membentang dari Aceh hingga Papua karena berada di zona Ring of Fire alias cincin api.

Ada dua jalur pegunungan muda yang bertemu di Indonesia yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sirkum Pasifik membentang dari Alpen hinnga Flores sementara Sirkum Pasifik membentang dari Andes hinnga Selandia Baru.
Lokasi geologi Indonesia di batas 3 lempeng aktif
Secara geologi Indonesia ada di batas tepi 3 pertemuan lempeng tektonik aktif yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik.

Interaksi ketiga lempeng inilah yang membangun kepulauan Indonesia. Pertemuan lempeng tersebut bertipe konvergan atua saling bertumbukkan sehingga menghasilkan zona subduksi alias penunjaman lempeng.

Zona subduksi ini membuat magma menerobos naik ke atas permukaan bumi dan keluar dalam bentuk erupsi gunung api. Aktivitas gempa sangat sering terjadi di zona subduksi dan menghasilkan beberapa fenomena hingga tsunami.

Gunung api di Indonesia dikategorikan menjadi level A, B dan C berdasarkan sejarah catatan letusannya. Tipe A adalah yang paling aktif dan hampir 67 lebih gunung api di Indonesia masuk level A dan harus terus dipantau perkembangannya.
Subduksi lempeng tektonik
Gunung api meletus karena adanya desakan magma panas ke atas permukaan bumi. Magma yang keluar membawa mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesuburan tanah.

Hampir semua gunung api di Indonesia dipadati penduduk karena kesuburan lahannya sehingga menunjang aktifitas pertanian. Hal ini telah dilakukan nenek moyang masyarakat Indonesia.

Gunung api adalah sahabat masyarakat jadi saat ia erupsi maka biarkanlah untuk menyelesaikannya, setelah itu kita bisa kembali dan memanfaatkan tanah-tanah yang subur karena erupsi tadi untuk hidup.

Gambar: thejavatrench, usgv.gov
close