Tipe Reproduksi Bakteri Seksual dan Aseksual - Geograph88

Tipe Reproduksi Bakteri Seksual dan Aseksual

Tipe Reproduksi Bakteri Seksual dan Aseksual
Kalian tahu bakteri bukan?. Nah bagaimana sih sebenarnya bakteri itu bisa berkembang biak. 

Pada dasarnya ada dua cara reproduksi bakteri yaitu aseksual melalui pembelajan biner dan secara seksual melalui konjugasi. 

a. Reproduksi Aseksual
Bakteri melakukan pembelahan biner. Pembelahan biner adalah pembelahan langsung, tanpa melalui tahapan seperti mitosis. 

Dari satu sel terbentuk dua, tempat, delapan, enam belas dan seterusnya. Proses pembelahan biner diawali dengan proses replikasi DNA menjadi dua kopi DNA otentik, diikuti pembagian sitoplasma dan akhirnya membentuk dinding pemisah diantara kedua sel anka bakteri. 

Proses pembelahan pembelahan ini berlangsung cepat. Setiap 20 menit sekali, satu sel bakteri E.coli membelah menjadi dua. Dalam satu jam, satu sel sudah berjumlah 8 (2)². Dalam sehari semalam kan berjumlah 2⁷². 

Berapa jumlah satu bakteri setelah 1 minggu?. Untunglah pembelahan bakteri ada faktor pembatasnya misalnya kekurangan makanan, suhu tidak sesuai, hasil eksresi yang meracuni bakteri dan adanya organisme lain yang memangsa bakteri. Jika tidak maka bumi ini akan dikuasai bakteri.
Reproduksi Bakteri Aseksual dan Seksual
Alur reproduksi bakteri

b. Reproduksi Seksual
Reproduksi secara seksual terjadi melalui proses konjugasi. Konjugasi terjadi jika dua bakteri yang berdekatan memunculkan saluran konjugasi sehingga saling berhubungan. 

Melalui saluran konjugasi ini materi genetik dari satu sel berpindah ke sel lain diikuti sitoplasmanya. Kita tidak dapat menentukan jenis kelami bakteri. Jadi tidak dapat ditentukan mana yang jantan dan mana yang betina. 

Hanya saja, jika bakteri memberikan DNA ke bakteri lain maka dikatakan bakteri tersebut "jantan" dan sebaliknya bakteri penerima DNA tersebut dikatakan "betina". 

Setelah DNA berpindah maka terbentuklah rekombinasi DNA atau penggabungan DNA, yaitu DNA dari bakteri pemberi bergabung dengan DNA bakteri penerima. 

Selanjutnya, sel bakteri penerima ini mengadakan pembelahan biner membentuk sel anak bakteri. Gambar: disini
close