[2] Latihan UNBK Geografi 2020 + Pembahasan - Geograph88

[2] Latihan UNBK Geografi 2020 + Pembahasan

[2] Latihan UNBK Geografi 2020 + Pembahasan
Oke teman-teman kita akan lanjut lagi bahas soal UNBK geografi versi latihan nomor 6-10. Pastikan untuk like and share blognya ke teman-teman di sekolah. Jangan menyerah dan tetap semangat mendapatkan nilai terbaik.

Materi unbk geografi nomor 6-10 terkait peta, inderaja dan SIG. Silahkan banyak baca materi pokoknya dari berbagai sumber. Cek juga materi lengkap geografi di web gurugeografi.id

Soal latihan unbk geografi no 6-10
6. Pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya merencanakan akan membangun pedestrian disepanjang Jl. Sukamakmur. Analisa SIG yang paling tepat sesuai proyek yang akan dilaksanakan adalah ....
a. overlay
b. konturing
c. buffering
d. klasifikasi
e. rendering

Kunci
Buffering adalah analisa spasial SIG yang memodelkan penciptaan suatu wilayah baru dengan jarak tertentu disekitar kenampakan geografis. Analisa ini cocok untuk proyek pelebaran pedestrian karena akan melihat sejah mana jarak yang dibutuhkan dari badan jalan untuk membangun pedestrian.
Analisa Buffering SIG
7. Salah satu jenis citra inderaja adalah citra condong. Ciri spasial citra condong yang umum dijumpai adalah munculnya ....
a. rona
b. tekstur
c. bentuk
d. situs
e. bayangan

Kunci
Dalam citra condong maka sumber cahaya atau gelombang elektromagnetik tidak tegak lurus dengan objek dan pastinya menghasilkan bayangan pada foto udara seperti gambar di bawah ini (cek ojek gedung)
Citra condong
8. Proyeksi kerucut merupakan jenis proyeksi peta yang menggunakan bidang kerucut sebagai bidang proyeksinya. Proyeksi kerucut paling baik untuk memetakan wilayah subtropis. Diantara Negara berikut, manakah yang mengalami distorsi paling besar jika dipetakan menggunakan proyeksi kerucut? (SOAL HOTS)
a.    Kanada
b.    Vietnam
c.    Russia
d.    Jepang
e.    Australia

Kunci
Ingat peta yang baik adalah memenuhi syarat conform, ekuivalen dan ekuidinstant. Proyeksi peta adalah teknik mengurangi distorsi pada pembuatan peta.  Vietnam berada paling dekat ekuator jadi jika menggunakan proyeksi kerucut maka akan mengalami distrosi paling besar dibanding negara lainnya.

9.  Jika anda sedang merencanakan proyek pembangunan rumah sakit, maka peta yang paling dibutuhkan untuk melaksanakan proyek tersebut adalah ….
a.    Peta cuaca iklim, peta topografi, peta jalur air
b.    Peta geologi, peta kepadatan penduduk, peta jalan
c.    Peta cuaca, peta transportasi, peta pemukiman
d.    Peta pertambangan, peta sebaran penduduk, peta jalur gempa
e.    Peta kepadatan penduduk, peta topografi, peta transportasi

Kunci
Jika ingin membangun rumah sakit maka yang dibutuhkan adalah peta kepadatan, topografi dan transportasi. Kita harus tahu potensi konsumen, ketinggian tempat dan sarana transportasi sebelum membangun rumah sakit (fasilitas sosial).

10. Fenomena
1) kepadatan penduduk
2) kerapatan vegetasi
3) tingkat kriminalitas
4) kenampakan bioma
5) tata guna lahan

Fenomena yang dapat ditunjukkan dengan menggunakan simbol kuantitatif pada peta adalah ....
a. 1), 2), 3)
b. 1), 3), 4)
c. 1), 4), 5)
d. 2), 3), 4)
e. 2), 3), 5)

Kunci
Simbol kuantitatif digunakan untuk menyatakan kenampakan objek dalam bentuk jumlah misalnya kepadatan penduduk, kerapatan vegetasi atau tingkat kriminalitas. Simbol ini digunakan untuk menunjukkan perbedaan suatu kenampakan dalam peta misalnya kenampakan bioma, tata guna lahan dan kondisi geografis. Lanjut>>>>>Soal nomor 11-15
close