Cara Mudah Lulus PPG Pretes, Daring, UKin dan UP - Geograph88

Cara Mudah Lulus PPG Pretes, Daring, UKin dan UP

Cara Mudah Lulus PPG Pretes, Daring, UKin dan UP
Halo teman-teman guru sebangsa dan setanah air, kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman mengikuti program sertifikasi guru alias PPG Dalam Jabatan. Sudah diketahui bersama bahwa semua guru yang terdaftar di dapodik akan mendapat giliran untuk PPG. PPG ada yang mandiri dan ada yang subsidi pemerintah.

Saya sendiri mengikuti PPG subsidi pemerintah tahun 2019 angkatan 4 dan alhamdulilah lulus. Lalu bagaimana sih cara lulus PPG dari mulai UKG, daring, PPL, Ukin hingga UP?. Kali ini saya akan bagikan tipsnya bagi rekan-rekan agar tetap semangat dan tidak usah panik. Memang banyak saya temui guru yang gagal dalam PPG, ini tentu sangat menyedihkan karena perjuangannya sudah begitu besar.

Oleh sebab itu saya bagikan pengalaman singkatnya supaya rekan-rekan dapat belajar dari pengalaman saya. Kalau ada baiknya boleh diambil dan kalau ada yang buruknya mohon dikoreksi dan ditinggalkan saja.

PPG Daljab merupakan satu rangkaian kegiatan panjang mulai dari pretes UKG hingga UP. Saya sendiri gagal di pretes tahap 1 dan dipanggil pretes 2 setelah 3 bulan, akhirnya lulus dan bisa ikut PPG tahap 4 di akhir tahun 2019. Berikut ini langkah-langkah PPG Daljab Subsidi Pemerintah.
Lulus PPG Daljab Mudah
1. Pretes UKG
Nah tes pertama yang akan dilalui oleh guru adalah pretes. Syarat bisa ikut pretes UKG adalah anda harus terdaftar di dapodik di wilayah anda mengajar. Selain itu anda sudah punya rekam jejak mengajar 5 tahun berturut-turut kalau tidak salah. Setelah itu baru bisa terpanggil untuk ikut pretes.

Yang harus anda persiapkan saat pretes adalah pemahaman pedagogik, profesional dan tes intelegensi umum seperti TIU CPNS. Semua soal pedagogik maupun profesional adalah soal hots dan studi kasus (yang pedagogik). Pastikan anda banyak baca materi dan jika anda benar-benar guru berkualitas pastinya bisa mengerjakan soal dengan mudah.

Nah yang sering banyak  menjadi ganjalan adalah di tes TIU karena ada matematika dasar, bagi anda yang guru IPS dan gak pernah ketemu matematika dasar coba deh latihan lagi soal-soal pecahan, deret, persamaan kuadrat dasar, peluang dan permutasi. Saya juga agak bingung saat mengerjakan soal TIU tapi syukur bisa lulus.

2. Daring PPG
Saat anda dinyatakan lulus pretes maka pastinya akan dipanggil PPG di LPTK yang ditunjuk. Program 3 bulan awal adalah kuliah daring. Nah disini anda akan dituntut mengerjakan banyak sekali modul dengan tugas bermacam-macam.

Saran saya anda cari grup guru PPG yang sesuai mapel dan LPTK tempat anda untuk diskusi jawaban. Jangan sampai anda bekerja sendiri, dijamin muntah-muntah dan jangan so mandiri. Tugas daring membutuhkan kolaborasi antar teman karena soalnya lumayan berat dan harus mengatur waktu dengan baik. Jadi kuncinya adalah JANGAN KERJA SENDIRI, coba berbaur dengan teman-teman seperjuangan.

3. Workshop
Nah setelah anda dinyatakan lulus daring maka selanjutnya adalah workshop di LTPK. Kemarin saya kuliah PPG di UPI. Saat workshop ini anda harus coba paham kondisi dosen dan jangan sampai tidak mengerjakan tugas dosen. Kerjakan tepat waktu dan saat peer teaching berikan contoh demo belajar terbaik anda. Bangunlah relasi dengan teman-teman baru anda agar bisa mendukung satu sama lain.

4. PPL PPG
PPL alias praktik pengalaman lapangan dilakukan 1 bulan di sekolah mitra. Anda harus mengikuti semua aturan sekolah mitra dan tunjukkanlah bahwa anda guru yang baik, ideal dan punya kreatifitas tinggi. Buatlah siswa dan guru pamong senang saat anda mengajar. Tampilkan model-model dan bahan ajar terbaik meski hanya 1 bulan saja, biar nilai anda bagus nanti.

5. UKIN
UKIN alias uji kinerja adalah tes praktik kemampuan mengajar di kelas. Anda akan dinilai oleh dosen pembimbing dan guru yang sudah tersertifikasi di wilayah tersebut. Pastikan anda membuat RPP sebaik mungkin sesuai kaidah dan apa yang ada di RPP WAJIB ditampilkan di kelas. Jangan sampai nulis A di RPP tapi malah melakukan B di kelas. RPP akan sangat dibaca oleh penguji, pengalaman teman saya nulis macam-macam kopas, ketahuan di kelas gak digunakan. Maka akan menjadi percuma, mengurangi keprofesionalan anda. Jangan di RPP nulis model belajar discovery tapi saat praktik malah ceramah misalnya. Jadi persiapkan sebaik mungkin.

6. UP
Nah UP ini banyak menjadi momok bagi peserta PPG. Banyak yang gagal di tahap akhir ini dan menyesakan sekali. Usahakan lulus UP sekali saja dan jangan remedial karena harus bayar. Tips lulus UP PPG adalah banyak latihan soal kepribadian dan soal hots mapel masing-masing. Pastikan anda fresh dan sehat walafiat saat UP. Jangan panik sangat mengerjakan soal dan biasa-biasa saja.

Itulah sedikit tips saat mengikuti PPG Daljab. Semoga anda lulus dengan nilai terbaik dan berkah rezekinya. Baca juga: Contoh soal UP Geografi pengalaman sendiri
close