4 Komposisi Batuan Beku: Felsik, Intermediet, Basa, Ultrabasa - Geograph88

4 Komposisi Batuan Beku: Felsik, Intermediet, Basa, Ultrabasa

4 Komposisi Batuan Beku: Felsik, Intermediet, Basa, Ultrabasa
Lapisan kerak maupun mantel bumi sebagian besar tersusun atas mineral silikat.

Mineral silikat mengandung silikon maupun oksigen dan batuan beku memiliki kandungan silikat dominan.

Mineral yang ditemukan pada batuan diantaranya quartz, olivin, ortoklas feldspar, plagioklas feldspar, amphibole, mica dan lain-lain.

Klasifikasi batuan beku berdasarkan komposisi kimianya adalah sebagai berikut:
1. Batuan Beku Silikat/Asam
Batuan beku ini disebut juga batuan felsik/asam (felsic). Ciri batuan beku silikat adalah umumnya berwarna terang (putih, cokelat, merah muda, abu muda).

Batuan beku felsik tinggi kandungan silika, kalium dan alumunium dan rendah kandungan besi-magnesium.

Mineral dominan batuan beku felsik adalah kuarsa dan ortoklas feldspar. Biotit, amphibol dan plagioklas feldspar juga dijumpai pada jumlah sedikit. Mineral olivin tidak dijumpai pada batuan beku felsik.
 
Klasifikasi batuan beku menurut komposisi kimia

2. Batuan Beku Intermediet
Batuan beku intermediet atau menengah ini berwarna cokelat gelap atau abu (kadang kehitaman) dan punya komposisi silika, besi dan magnesium tingkat menengah atau sedang. Mineral dominan batuan beku intermediet adalah piroksen dan sodic plagioklas namun biotit dan amfibol juga umum ditemukan.

3. Batuan Beku Basa
Batuan beku basa (mafic) memiliki ciri warna gelap (hitam atau hijau tua). Batuan beku basa punya komposisi silika rendah dan tinggi besi, magnesium dan kalsium. Batuan basa tersusun utamanya dari piroksen dan calcic plagioklas. Batuan ultrabasa tersusun atas piroksen dan olivin. Mineral kuarsa tidak ada dalam batuan basa.

4. Batuan Beku Ultrabasa
Batuan beku ultrabasa  adalah batuan yang tersusun seluruhnya atau hampir seluruhnya dari mineral ferromagnesian. Tidak ada Feldspar yang hadir dan, tentu saja, tidak ada kuarsa. Peridotit yang merupakan batuan kasar terdiri dari piroksen dan olivin adalah  batuan ultramafik yang paling melimpah. Secara kimiawi, batuan peridotit mengandung kurang dari 45% silika.
Komposisi batuan beku
close