Tips Aman dan Selamat Bencana Banjir - Geograph88

Tips Aman dan Selamat Bencana Banjir

Tips Aman dan Selamat Bencana Banjir
Banjir adalah fenomena ameluapnya air dan biasa terjadi di berbagai belahan dunia. Setiap tahun saat musim hujan, di Indonesia selalu ada wilayah yang mengalami banjir. Banjir terjadi karena air yang jatuh dan mengalir jauh melebihi kapasitas sistem drainase yang ada. Air pada dasarnya memerlukan saluran untuk bergerak dari hulu ke hilir.

Kerusakan hutan, alih fungsi lahan, misalnya dari hutan menjadi lahan perkebunan/pertanian, industri, permukiman, dan sebagainya akan mengurangi kemampuan tanah/batuan untuk menyerap air. Akibatnya aliran permukaan akan semakin banyak dan banjirpun tidak bisa dihindari.

Terjadinya banjir bandang sangat dipengaruhi oleh kerusakan hutan di kawasan hulu. Salah satu bukti adalah ketika terjadi banjir bandang hampir selalu terdapat potongan-potongan kayu (log) yang ikut hanyut. Banjir yang selalu hadir setiap tahun di Jakarta merupakan akibat dari semakin sempitnya daerah tangkapan hujan di wilayah Bogor.

Banjir juga bisa disebabkan oleh pasang seiring dengan semakin meningkatnya suhu di permukaan bumi karena pemanasan global, banjir bukan saja disebabkan oleh hujan, tetapi juga oleh pasang air laut yang tinggi. Pasang laut ini bisa disebabkan oleh badai dan atau akibat pemanasan global yang menyebabkan pasang lebih tinggi dari sebelumnya.Akibat pasang tersebut aliran sungai menjadi terhambat sehingga menggenangi daratan di sekitarnya.

Mitigasi yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1)    Membuat peta wilayah yang rawan terhadap ancaman becana banjir.
2)    Memberi penyuluhan kepada masyarakat.
3)    Mengadakan reboisasi di kawasan hulu daerah aliran sungai.
4)    Membuat biopori agar air yang bisa meresap ke dalam tanah menjadi lebih banyak.
5)    Meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya memelihara lingkungan.
6)    Membuat tanggul penahan banjir.
7)    Membuat sistem peringatan dini.

Berikut ini pedoman penanggulangan banjir sebelum, saat dan sesudah kejadian.
Mitigasi bencana banjir
close