Pengaruh Iklim Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Negara - Geograph88

Pengaruh Iklim Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Negara

Pengaruh Iklim Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Negara
Iklim yang ada di suatu wilayah dipengaruhi oleh letak astronomis, letak geografis, dan ketinggian tempat. Secara astronomis, Indonesia memiliki iklim tropis. Salah satu ciri dari iklim tropis adalah sushu yang relatif tinggi sepanjang tahun. Kondisi suhu yang demikian menyebabkan jenis pakaian yang dipakai oleh orang Indonesia terbuat dari kain yang tipis dan mudah menyerap keringat. 

Di tempat-tempat umum di Indonesia sangat jarang kita jumpai orang yang menggunakan jas atau jaket seperti yang dijumpai di daerah-daerah yang beriklim subtropis maupun sedang. Bahkan di daerah-daerah yang masih terpencil, seperti pedalaman Papua, orang bisa menggunakan rumbai-rumbai sebagai pakaiannya dengan bertelanjang dada.

Pada daerah gunung atau pegunungan yang tinggi, karena suhunya dingin, atap rumah banyak menggunakan seng dengan ventilasi sedikit. Berbeda halnya dengan rumah yang dibangun di dataran rendah, pada umumnya atap rumah terbuat dari genting dengan dari tanah. Atap ini akan mampu menahan panas dari sinar matahari, sehingga suhu di dalamrumah relatif sejuk. Di samping itu bangunan rumah di daerah dataran rendah lebih banyak ventilasinya daripada rumah di daerah pegunungan yang tinggi.

Iklim tropis di Indonesia di warnai oleh tiupan angin muson yang setiap setengah tahun berganti arah. Angin muson tersebut menyebakan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan di Indonesia memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah pada saat ini para petani dapat mengelola lahan pertaniannya karena kebutuhan air tercukupi. Dampak negatifnya adalah bahwa pada musim hujan sering terjadi banjir yang menyebabkan kegiatan ekonomi mengalami kerugian karena terhambatnya transportasi. 

Di daerah pertanian dataran rendah, ketika banjir banyak tanaman pertanian yang terendam air sehingga menimbulkan kerugian. Di beberapa wilayah curah hujan yang tinggi juga menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor yang banyak menelan korban, seperti yang terjadi di Banjarnegara, Ponorogo, dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Pada musim kemarau, banyak lahan yang mengalami kekeringan, namun di beberapa wilayah datangnya musim kemarau ini justru menguntungkan. Tanaman tembakau, buah-buahan seperti semangka, melon, tomat, dan sejenisnya justru baik ditanam pada musim kemarau. Dengan demikian adanya musim kemarau dan musim hujan di Indonesia lebih memperkaya jenis-jenis tanaman yang dihasilkan oleh Indonesia. Iklim tropis menjadikan wilayah Indonesia potensial dengan berbagai macam tanaman perkebunan, antara lain tebu, cengkih, pala, lada, coklat, karet, sawit, yang kesemuanya memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai komoditas eksport.

Berdasarkan letak lintangnya, seluruh wilayah Indonesia beriklim tropis. Namun karena ada perbedaan letak geografis, menyebabkan adanya kharakteristik iklim yang bereda pula. Di Bagian timur Indonesia, terutama Nusa Tenggara Timur, iklimnya lebih kering, sehingga terdapat sabana ataupun stepa. Oleh karena itu secara ekonomis, wilayah ini cocok dikembangkan untuk peternakan. Di Indonesia bagian barat curah hujannya lebih tinggi, oleh karena itu lahan di wilayah ini sesuai untuk persawahan yang menghasilkan beras.
Anak-anak Suku Bajau
Jenis iklim juga dipengaruhi oleh ketinggian tempat. Adanya variasi ketinggian di suatu wilayah akan menyebabkan terjadinya variasi jenis tumbuhan yang ada pula. Indonesia secara umum beriklim tropis, tetapi karena memiliki relief yang sangat bervariasi, dari dataran rendah sampai pegunungan tinggi ada, jenis tumbuhan yang bisa hidup tidak terbatas pada tumbuhan karakteristik tumbuhan tropis saja. 

Pada wilayah-wilayah yang terletak pada ketinggian tertentu, dijumpai tumbuh-tumbuhan khas daerah subtropis yang bisa hidup dengan baik. Buah apel yang merupakan tumbuhan khas daerah subtropis bisa tumbuh baik di batu, atau gandum bisa tumbuh baik di Dieng, Tengger, maupun Tawangmangu. Dengan demikian varasi ketinggian yang ada di suatu wilayah akan sangat menentukan keragaman hayati yang ada di wilayah tersebut.
close