Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (36-40) - Geograph88
News Update
Loading...

April 03, 2020

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (36-40)

Halo kawan-kawan calon geografer se nusantara, kali ini lanjut lagi mimin bagikan contoh pembahasan KSK Geografi 2020. Materi di soal ini dari kombinasi hidrosfer dan biosfer. Jangan lupa share dan like blognya, biar makin rame belajarnya.
Pembahasan KSK Geografi 2020
36. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak fitur morfologi estuarine. Morfologi estuarine adalah:
a. perairan terisolir yang salinitasnya cukup tinggi
b. perairan peralihan antara sungai dan laut yang salinitasnya lebih tinggi dari salinitas laut dan lebih tinggi dari salinitas sungai
c. perairan peralihan antara sungai dan laut yang salinitasnya lebih tinggi dari salinitas sungai dan lebih rendah dari salinitas laut
d. perairan peralihan antara sungai dan laut yang salinitasnya lebih rendah dari salinitas sungai dan lebih tinggi dari salinitas laut
e. perairan peralihan antara laut dengan laut yang salinitasnya sangat tinggi karena adanya pencampuran salinitas dari kedua laut

Kunci
Estuari atau estuaria adalah badan air setengah tertutup di wilayah pesisir, dengan satu sungai atau lebih yang mengalir masuk ke dalamnya, serta terhubung bebas dengan laut terbuka. Kebanyakan muara sungai ke laut membentuk estuari; namun tidak demikian jika bermuara ke danau, waduk, atau ke sungai yang lebih besar.
Contoh kenampakan estuaria
37. Sekitar 15% cadangan air tawar dunia terdapat di daerah karst, namun seperti yang kita ketahui, daerah karst justru identik dengan masyarakatnya yang miskin dan susah air. Penyebab hal demikian dapat terjadi adalah:
a. batuan penyusun daerah karst adalah granit yang sangat sulit ditembus air
b. ada air di daerah karst tetapi letaknya sangat jauh di bawah permukaan, sehingga air tersebut sulit didapatkan
c. masyarakatnya mayoritas pemalas, sehingga malas untuk mencari air
d. batuan penyusun daerah karst adalah batugamping yang sangat mudah membentuk pola pengaliran dendritik yang menyebabkan air mudah pergi ke segala arah
e. tidak pernah terjadi hujan di daerah karst, sekalipun daerah itu termasuk dalam iklim tropis yang cukup kaya akan hujan

Kunci
Kawasan karst atau gamping memiliki sifat penyerapan air yang sangat tinggi dan cepat karena kapur memiliki sifat porositas air cepat. Jadi air permukaan akan cepat masuk ke bawah ke sistem air bawah tanah. Jadi makanya banyak sungai dan gua-gua di bawah lapisan karst, tapi tidak di permukaan bagian atas.

38. Perhatikan gambar di bawah ini!
Biosfer
Pada gambar ilustrasi level organisasi biosfer di atas, level organisasi yang paling tepat untuk menyatakan tingkat nomor 2 adalah:
a. individu
b. populasi
c. ekosistem
d. komunitas
e. bioma

Kunci
Nomor 2 adalah kumpulan beberapa individu yang sama atau populasi. Ingat tingkatan biosfer dati individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma sampai biosfer.

39. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim adalah siklus karbon. Karbon dapat berperan di dalam proses perubahan iklim melalui cara:
a. mengurangi ketebalan lapisan ozon
b. menyerap air hujan
c. sebagai gas rumah kaca
d. mengurangi kadar oksigen di atmosfer
e. memperkuat radiasi sinar UV

Kunci
Gas rumah kaca memiliki sifat memerangkap panas seperi CO, CO2, Uap Air, CFC. Lihat ada C artinya Karbon. Jadi Karbon itu berperan sebagai gas rumah kaca yang memicu pemanasan global dan lambat laun merubah iklim dalam jangka waktu lama.

40. Kualitas air dapat dinilai dari kadar nitrat dan fosfat yang terkandung di dalam air. Konsentrasi nitrat dan fosfat tersebut menentukan kualitas air dalam hal:
a. tingkat kesuburan air
b. tingkat penyerapan oksigen oleh air
c. tingkat kesehatan air
d. tingkat kekeruhan air
e. tingkat daya tembus cahaya ke dalam air

Kunci
Kadar nitrat dan fosfat dalam air dapat mengindikasikan kesuburan perairan tersebut. Fosfat dan nitrat dibutuhkan untuk mendukungorganisme perairan terutama fitoplankton. Jika perairan itu termasuk subur, masih baik untuk  kehidupan  biota  laut  dan untuk berbagai  kepentingan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Lanjut>>>Soal No 41-45
Mau pembahasan KSK Kebumian juga?. Cek link berikut ini: Pembahasan KSK Kebumian 2020
Baca Juga

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close