-->

Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Kelas 12 Wilayah dan Tata Ruang

Halo gan kali ini mimin akan coba berikan contoh kunci evaluasi erlangga bab konsep wilayah dan tata ruang.

Wilayah pada dasarnya adalah suatu daerah yang memiliki karakteristik khas dan bisa dibedakan dengan daerah lain di permukaan bumi ini.

Wilayah dan tata ruang memiliki kaitan erat karena tanpa perencanaan yang matang, wilayah akan menjadi tidak nyaman ditinggali.

Wilayah dapat diklasifikasikan menjadi wilayah homogen, wilayah fungsional dan wilayah vernakular. Wilayah homogen contohnya adalah wilayah pertanian, perkebunan, hutan.

Wilayah fungsional contohnya adalah wilayah pusat pemerintahan, wilayah pusat industri, wilayah vernakular contohnya Bogor dikenal kota hujan.

Baca juga: Kunci evaluasi erlangga bab interaksi desa kota (2)

Kunci jawaban evaluasi ini tidak mutlak benar semua, silahkan baca kembali dan jangan sampai hanya sekedar menyalin kunci saja ya!.

1. Pilihan Ganda
1. C 2. E 3. B 4. B 5. C 6. D 7. B 8. A 9. E 10. A 11.A/D 12. A 13. E 14. B 15. B 16. A 17. A 18. B 19. D 20. A

2. Isian
1. administratif dan fungsional
2. Wilayah metropolita Jabodetabek
3. percepatan pertumbuhan wilayah dan produktifitas atau mobilisasi sumber daya dan efisiensi
4. unit-unit teritorial dalam lingkup dan tujuan tertentu
5. kesamaan fitur
6. makna fisik
7. karkakter sumber daya
8. perwujudan rencana tata ruang yang dijabarkan ke dalam indikasi program utama penataan/pengembangan wilayah kabupaten dalam jangka waktu 5 tahunan sampai akhir tahun perencanaan (20 tahun).
9. peraturan perundang-undangan terkait pemetaan rencana tata ruang
10. pertumbuhan penduduk yang terus meningkat tajam

3. Esai
1. Karena setiap wilayah di permukaan bumi unik dan diperlukan pemahaman yang komperhensif sehingga memudahkan dalam perencanaan tata ruang. Perencanaan tata ruang wilayah yang baik aka berdampak pada keberhasilan pembangunan.

2. Contoh bagan unit geografis wilayah
Wilayah adalah unit geografis dengan batas-batas spesifik tertentu seperti contoh model teori kota Hoyt diatas. Komponen-komponen wilayah tersebut saling berinteraksi satu sama lain secara fugnsional. Batasan wilayah tersebut bersifat dinamis.

3. Karena pusat pertumbuhan adalah daerah yang perkembangannya pesat sehingga diharapkan bisa menjalar dan merangsang daerah sekitarnya untuk tumbuh. Pusat pertumbuhan merupakan motor penggerakan ekonomi dan masyarakat bisa mendapatkan kesejahteraan karena adanya pusat pertumbuhan di wilayahnya.

4. Rencana umum tata ruang dibedakan menurut wilayah administratif pemerintahan karena kewenangan mengatur pemanfaatan ruang dibagi sesuai dengan pembagian administrasi pemerintahan, meliputi:
a. Rencana tata ruang wilayah nasional
b. Rencana tata ruang wilayah provinsi
c. Rencana tata ruang wilayah kabupaten dan kota

5. Karena jika tidak direncanakan dengan matang akan memicu berbagai masalah mulai dari masalah ekologis lingkungan dan sosial. Bencana alam dan lingkungan banyak terjadi saat ini karena kesalahan manusia dalam pengelolaan ruang.

Baca juga: Faktor-faktor pertumbuhan wilayah

0 Response to "Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Kelas 12 Wilayah dan Tata Ruang"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun. Link spam dan promosi blog akan langsung dihapus. Maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel