Definisi Penginderaan Jauh Sistem Pasif - Geograph88

Definisi Penginderaan Jauh Sistem Pasif

Definisi Penginderaan Jauh Sistem Pasif
Penginderaan jauh adalah teknik untuk mendapatkan gambaran objek di permukaan bumi tanpa kontak langsung.

Ada dua sistem inderaja yaitu inderaja pasif dan inderaja aktif  Penginderaan jauh sistem pasif adalah penginderaan jauh yang menangkap energi yang berasal dari obyek. Sensor satelit sistem ini tidak membangkitkan energi sendiri.

Energi utama dalam sistem penginderaan jauh pasif ini berasal dari matahari. Energi dari matahari dipancarkan ke obyek dan kemudian terpantulkan menuju sensor.

Energi dapat pula berasal dari pancaran suatu obyek seperti sumber-sumber thermal, misal lokasi kebakaran hutan, sumber panas bumi, dan lain-lain. Ilustrasi dari sistem penginderaan jauh pasif ini dapat dilihat pada gambar berikut (sebelah kiri).
Inderaja sistem pasif dan aktif
Sumber energi pada sistem ini adalah matahari. Energi gelombang elektromagnetik dari matahari datang menuju obyek yang kemudian akan dipantulkan menuju sensor. Sensor menerima pantulan gelombang elektromagnetik dari obyek di muka bumi.

Sensor yang digunakan dalam penginderaan jauh sistem ini bervariasi dari sebuah peralatan lapangan hingga yang terpasang pada satelit.

Peralatan lapangan seperti spektrofotometer dapat dipasang secara permanen diatas obyek ataupun pada wahana yang bergerak.

Wahana yang bergerak dapat berupa mobil, pesawat terbang hingga satelit. Satelit sumber daya seperti Landsat, QuickBird, Ikonos, adalah contoh dari sistem penginderaan jauh pasif ini.

Gambar: disini
close