10 Definisi dan Lingkup Sistem Informasi Geografi (SIG) - Geograph88

10 Definisi dan Lingkup Sistem Informasi Geografi (SIG)

10 Definisi dan Lingkup Sistem Informasi Geografi (SIG)
Sistem Informasi Geografi atau SIG adalah sebuah disiplin ilmu yang terintegrasi antara komputer dan geografi. Lalu seperti apa SIG itu muncul dalam peradaban manusia?.

SIG mulai berkembang sejak era ditemukannya komputer bahkan sejak Perang Dunia. Setelah era brutal itu berakhir, kini SIG menjadi salah satu alat bantu pembangunan.

Berikut ini definisi SIG menurut berbagai ahli terkemuka.
1. Liu dan Mason
Sistem Informasi Geografi adalah suatu sistem yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Sistem ini telah berkembang menjadi satu ilmu dan teknologi yang mapan sejalan dengan perkembangan bidang ilmu lain khususnya teknologi informasi.

2. Bernhardsen
Sistem Informasi Geografi adalah serangkaian sistem perangkat keras dan lunak komputer yang memiliki fungsi-fungsi untuk perolehan dan verifikasi, kompilasi, penyimpanan, pembaruan dan perubahan, pengelolaan dan verifikasi, kompilasi, penyimpanan, pembaruan dan perubahan, pengelolaan dan peralihan, manipulasi, perolehan ulang dan penampilan, analisis dan kombinasi data geografis.

3. De Mers
Secara lebih sederhana mendefisikan SIG sebagai serangkaian subsistem yang terdiri atas subsistem input data, subsistem penyimpanan dan perolehan ulang data, subsistem manipulasi dan
analisis data, dan subsistem pelaporan data.

4. Rice
Sistem Informasi Geografis adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukan, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan data-data yang berkaitan dengan posisi-posisi di permukaan bumi.

5. Guo Bo
SIG adalah teknologi informasi yang mampu menganalisis, menyimpan dan menampilkan baik datas spasial maupun non spasial.

6. Bakosurtanal
SIG adalah kumpulan yang terorganisir dari perangkat keras komputer, perangkat lunak, data geografi dan personal yang didesain untuk memperoleh, menyimpan, memperbaiki, memanipulasi, menganlisis dan menampilkan semua bentuk informasi yang bereferensi geografi.
SIG alat bantu geografi

7. Burrough
Sistem Informasi Geografi adalah seperangkat alat yang penuh daya untuk mengumpulkan, mengubah dan menampilkan data spasial dari dunia nyata.

8. Smith
Sistem Informasi Geografi adalah sistem database data spasial dan seperangkat prosedur yang beroperasi dalam rangka menjawab pertanyaan tentang entitas spasial dalam database.

9. David Rhind
Sistem Informasi Geografi adalah sistem berbasis komputer untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan dan menganalisis informasi yang berkaitan dengan permukaan bumi.

10. Blakemore
Sistem Informasi Goegrafis adalah paket komputer yang mengintegrasikan penyimpanan, manipulasi, analisis, pemodelan dan pemetaan informasi spasial digital.
close